Dengan Mata Tertuju pada China, Bos Pentagon Menuju ke Asia Tenggara

Senin, 26 Juli 2021 - 13:27 WIB
loading...
A A A
Seorang diplomat Asia, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan tampaknya pemerintahan Biden sekarang mengarahkan fokusnya lebih tegas pada Asia setelah menangani masalah global lainnya, seperti hubungan dengan Rusia dan Eropa.

Austin sebenarnya sudah dijadwalkan mengunjungi Asia Tenggara pada Juni lalu, tetapi terpaksa ditunda karena pembatasan COVID-19 di Singapura.

"Daging di Tulang"

Sejauh ini pemerintahan Biden secara luas berusaha untuk menggalang sekutu dan mitra untuk membentuk front persatuan melawan apa yang dikatakannya sebagai kebijakan ekonomi dan luar negeri China yang semakin memaksa.



Salah satu pilar keterlibatan yang kurang mencolok adalah di sisi ekonomi dan perdagangan setelah pendahulu Biden, Donald Trump, menarik diri dari pakta perdagangan Kemitraan Trans Pasifik pada 2017.

Pemerintah telah menjelaskan bahwa tidak terburu-buru untuk bergabung kembali dengan pakta semacam itu, yang menurut para kritikus akan merugikan pekerjaan Amerika, tetapi telah membahas kemungkinan perjanjian yang lebih kecil seperti pada perdagangan digital.

Pentagon telah menyelesaikan studi tentang kebijakan China dan Austin telah mengeluarkan arahan internal yang menyerukan beberapa inisiatif, tetapi hanya sedikit rincian yang muncul.

Angkatan Laut AS telah mempertahankan pola operasi kebebasan navigasi yang stabil di Laut China Selatan dan dekat Taiwan, tetapi ini tampaknya tidak banyak membantu Beijing.

Malaysia, Vietnam, Filipina, Brunei dan Taiwan semuanya memiliki klaim tandingan atas Beijing di Laut China Selatan dan sebagian besar menyambut kehadiran AS dalam menghadapi militerisasi China di jalur air dan coast guard serta armada penangkapan ikannya yang luas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)