Dengan Mata Tertuju pada China, Bos Pentagon Menuju ke Asia Tenggara

Senin, 26 Juli 2021 - 13:27 WIB
loading...
A A A
Abraham Denmark, mantan wakil asisten menteri pertahanan untuk Asia Timur, mengatakan Washington mengatakan “semua hal yang benar tentang persaingan” dengan China tetapi ada pertanyaan tentang bagaimana hal itu dapat “menerjemahkan kata-kata menjadi tindakan dan investasi.”

"Masih belum jelas seperti apa bentuknya dalam hal anggaran kami, dalam hal postur kekuatan kami, dalam hal investasi kami dalam diplomasi dan infrastruktur, benar-benar menempatkan daging di tulang,” katanya.

Prioritas Austin di Filipina adalah kemajuan dalam memperbarui perjanjian yang mengatur kehadiran pasukan AS di sana, yang merupakan kepentingan strategis AS yang vital. Batas waktu untuk berakhirnya pakta telah diperpanjang beberapa kali.

Analis mengatakan Austin perlu mencapai keseimbangan antara menekankan ancaman China dan memperjelas bahwa Washington melihat Asia Tenggara lebih dari sekadar teater militer.

“Penekanan dari kawasan adalah ya, memiliki militer di sekitar itu baik dan disambut baik, tetapi Anda memerlukan strategi ekonomi,” kata diplomat Asia itu.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)