Pertama Sejak Penarikan Pasukan, AS Gempur Taliban Lewat Udara

Jum'at, 23 Juli 2021 - 01:20 WIB
loading...
A A A


Orang-orang Afghanistan meminta serangan itu, serta mereka yang menargetkan posisi pertempuran dengan Taliban, termasuk setidaknya satu serangan di provinsi selatan Kandahar.

Para pejabat AS telah mendesak Afghanistan untuk menggunakan pesawat tempur mereka sendiri, serta pasukan darat yang dilatih AS. Dalam beberapa bulan terakhir pasukan Afghanistan telah menyerahkan sejumlah besar wilayah kepada Taliban, menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan mereka untuk bertahan setelah AS menyelesaikan penarikannya.

Pada konferensi pers Pentagon pada Rabu waktu setempat, Jenderal Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan masa depan Afghanistan ada di tangan rakyat Afghanistan, mendesak mereka untuk menegaskan keinginan mereka di medan perang.

“Pasukan keamanan Afghanistan memiliki kapasitas yang cukup untuk memerangi dan membela negara mereka, dan kami akan terus mendukung pasukan keamanan Afghanistan jika diperlukan sesuai dengan panduan dari presiden dan menteri pertahanan,” kata Milley.

Milley mengatakan Taliban sekarang menguasai sekitar setengah dari 419 pusat distrik di Afghanistan, dan sementara mereka belum merebut salah satu dari 34 ibu kota provinsi negara itu, mereka menekan sekitar setengahnya. Ketika Taliban merebut lebih banyak wilayah, pasukan keamanan Afghanistan mengkonsolidasikan posisi mereka untuk melindungi pusat-pusat populasi utama, termasuk Kabul.

“Sejumlah besar wilayah telah direbut selama enam, delapan, 10 bulan oleh Taliban, sehingga momentum tampaknya – momentum strategis tampaknya – semacam dengan Taliban,” kata Milley.



Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan bahwa setelah 31 Agustus, yang merupakan tanggal akhir yang ditetapkan oleh Presiden Joe Biden untuk menyelesaikan penarikan militer, fokus utama militer AS adalah melawan ancaman terhadap tanah air AS dari kelompok-kelompok ekstremis di Afghanistan. Dia menambahkan bahwa pemerintah AS akan memberikan dukungan keuangan dan dukungan lainnya kepada pasukan pertahanan Afghanistan, bahkan tanpa pasukan tempur atau pesawat serang yang berbasis di sana.

“Jangan salah bahwa kami tetap berkomitmen untuk membantu pasukan keamanan Afghanistan dan pemerintah Afghanistan ke depan, dan kami melakukan apa yang kami katakan akan kami lakukan dalam hal menempatkan bagian-bagiannya untuk memastikan bahwa kami dapat memberikan dukungan itu,” jelas Austin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)