Penelitian: Kematian Akibat Tsunami COVID-19 India 10 Kali Lipat Jumlah Resmi

Selasa, 20 Juli 2021 - 17:12 WIB
loading...
Penelitian: Kematian Akibat Tsunami COVID-19 India 10 Kali Lipat Jumlah Resmi
Penelitian terbaru menyebutkan kematian selama pandemi COVID-19 di India 10 kali lipat dari jumlah resmi. Foto/Ilustrasi
A A A
NEW DELHI - Jumlah kematian akibat COVID-19 di India selama pandemi bisa jadi 10 kali lipat dari jumlah resmi, kemungkinan menjadikannya tragedi manusia terburuk di India modern. Hal itu berdasarkan penelitian paling komprehensif tentang kerusakan akibat virus Corona baru di negara Asia selatan itu.

Sebagian besar ahli percaya jumlah kematian resmi akibat COVID-19 di India yang mencapai lebih dari 414.000 adalah jumlah yang sangat kecil, tetapi pemerintah negara itu telah mengabaikan kekhawatiran tersebut dan menganggapnya sebagai berlebihan dan menyesatkan.

Laporan yang dirilis Selasa (20/7/2021) memperkirakan kelebihan kematian - kesenjangan antara yang tercatat dan yang diperkirakan - antara 3 juta hingga 4,7 juta antara Januari 2020 dan Juni 2021. Dikatakan angka yang akurat mungkin terbukti sulit dipahami tetapi jumlah kematian yang sebenarnya kemungkinan akan menjadi urutan besarnya lebih besar dari hitungan resmi.

Laporan tersebut diterbitkan oleh Arvind Subramanian, mantan kepala penasihat ekonomi pemerintah India, dan dua peneliti lain di Pusat Pengembangan Global dan Universitas Harvard.

Dalam laporannya, mereka mengatakan penghitungan itu bisa saja meleset dari jumlah kematian yang terjadi di rumah sakit yang kewalahan atau saat perawatan kesehatan tertunda atau terganggu, terutama selama gelombang puncak yang menghancurkan pada awal tahun ini.



“Kematian yang sebenarnya mungkin dalam beberapa juta bukan ratusan ribu, membuat ini bisa dibilang sebagai tragedi kemanusiaan terburuk di India sejak Pemisahan dan kemerdekaan,” kata laporan itu seperti dikutip dari AP.

Pemisahan anak benua India yang dikuasai Inggris menjadi India dan Pakistan yang merdeka pada tahun 1947 menyebabkan pembunuhan hingga 1 juta orang karena geng-geng Hindu dan Muslim saling membantai.

Laporan korban virus India menggunakan tiga metode perhitungan: data dari sistem pencatatan sipil yang mencatat kelahiran dan kematian di tujuh negara bagian, tes darah yang menunjukkan prevalensi virus di India di samping tingkat kematian global COVID-19, dan survei ekonomi hampir 900.000 orang dilakukan tiga kali setahun.

Peneliti mengingatkan bahwa setiap metode memiliki kelemahan, seperti survei ekonomi yang menghilangkan penyebab kematian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)