Kelompok Tempur Kapal Induk Inggris Memasuki Samudra Hindia

Jum'at, 16 Juli 2021 - 20:24 WIB
loading...
Kelompok Tempur Kapal Induk Inggris Memasuki Samudra Hindia
Kelompok tempur kapal induk Inggris, HMS Queen Elizabeth, memasuki Samudera Hindia untuk melakukan latihan dengan Angkatan Laut India. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Kelompok tempur kapal induk Inggris memasuki Samudera Hindia setelah serangkaian pertempuran dan operasi di Mediterania. Armada tersebut diperkirakan akan mengunjungi 40 negara, termasuk India, Jepang, Korea Selatan (Korsel), dan Singapura, dalam penyebaran yang mencakup 26.000 mil laut.

Kementerian Pertahanan Inggris dalam sebuah pernyataan mengatakan dipimpin oleh kapal induk generasi kelima seberat 65.000 ton HMS Queen Elizabeth dalam perjalanan perdananya, kelompok tempur kapal induk Inggris telah memasuki Samudra Hindia dan berlayar menuju India untuk melakukan latihan maritim rutin dengan Angkatan Laut negara itu.

HMS Queen Elizabeth membawa delapan jet cepat F-35B Lightning II, empat helikopter serang maritim Wildcat, tujuh helikopter anti-kapal selam dan peringatan dini udara Merlin Mk 2, serta tiga helikopter komando Merlin Mk 4, dan dikawal oleh enam kapaldansebuah kapal selam Angkatan Laut Inggris, sebuah kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan sebuah fregat dari Belanda.



"Pengerahan kelompok tempur Kapal Induk Inggris adalah momen besar bagi pertahanan Inggris saat kami mengembangkan kemampuan canggih ini di seluruh dunia," kata Menteri Pertahanan Ben Wallace seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (16/7/2021).

Wallace mengklaim bahwa itu juga menggambarkan komitmen abadi London untuk pertahanan dan keamanan global.

"Memperkuat aliansi kami yang ada dan menjalin kemitraan baru dengan negara-negara yang berpikiran sama saat kami menghadapi tantangan abad ke-21," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan bahwa melakukan latihan angkatan laut bersama sangat penting. Setelah Angkatan Laut India , kapal Inggris akan melakukan uji coba militer dengan Angkatan Laut AS dan berlayar ke Laut China Selatan.

"Ini akan menandai awal baru kerja sama pertahanan dengan sekutu di India dan Indo-Pasifik," kata Raab.

Pada bulan Maret tahun ini, India dan AS mengadakan latihan di kawasan timur Samudera Hindia yang menyaksikan partisipasi Angkatan Udara India untuk pertama kalinya.

Awal pekan ini, "sejumlah kecil" awak dari kelompok tempur kapal induk Inggris dinyatakan positif COVID-19.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)