Govindan Gopalakrishnan, Pria Hindu yang Arsiteki Puluhan Masjid

Kamis, 15 Juli 2021 - 15:24 WIB
loading...
Govindan Gopalakrishnan, Pria Hindu yang Arsiteki Puluhan Masjid
Govindan Gopalakrishnan, 85, pria Hindu yang mendesain puluhan masjid di India. Foto/Govindan Gopalakrishnan via Al Jazeera
A A A
NEW DELHI - Govindan Gopalakrishnan, 85, adalah pria Hindu di India . Namun dia telah menjadi arsitek untuk puluhan masjid, empat gereja, dan sebuah kuil di negara itu.

Lantaran berjasa mendesain puluhan masjid di negara mayoritas Hindu, Gopalakrishnan dijuluki "Mosque Man [Manusia Masjid]".



Mendesain banyak masjid dalam kariernya selama enam dekade adalah kecintaannya pada apa yang dia sebut “kesatuan umat manusia”.

Dia terkenal sebagai arsitek bangunan tua yang menyimpan salinan Al-Qur'an, Alkitab, dan kitab suci Hindu; Gita, di rumahnya yang sederhana di kota Thiruvananthapuram di Kerala, India selatan. Dia mengatakan bahwa dia sangat percaya pada kerukunan beragama.

“Saya menjalankan roza (puasa) selama bulan suci Ramadhan serta puasa 41 hari selama ziarah Sabarimala. Istri saya adalah seorang Kristen, jadi saya bergabung dengannya untuk puasa Paskah juga,” paparnya tersenyum, mengacu pada Jaya, pasangannya selama 60 tahun.

“Salah satu dari dua putra saya menikah dengan seorang wanita Muslim. Saya menyambut semua agama di rumah saya dan memberi mereka rasa hormat yang sama.”

Karier arsitek otodidaknya, katanya, dimulai segera setelah menyelesaikan sekolah karena dia tidak mampu melanjutkan studi ke perguruan tinggi lantaran kesulitan keuangan yang dihadapi oleh keluarganya.

Sebaliknya, dia bergabung dengan ayahnya, seorang kontraktor bangunan, sebagai pekerja magang.

Gopalakrishnan muda memulai dengan menelusuri cetak biru bangunan yang sedang dibangun oleh ayahnya di buku catatannya. Dia kemudian membandingkan detailnya dengan struktur aslinya, membombardir ayahnya dengan pertanyaan tentang teknik, siluet, dan skema warna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)