India Waspada Penyebaran Virus Zika setelah Temukan 14 Kasus di Kerala

Jum'at, 09 Juli 2021 - 22:29 WIB
loading...
A A A
Pasien itu dirawat di ibu kota Trivandrum pada 28 Juni dengan gejala demam, sakit kepala, dan ruam. Dia melahirkan bayi pada Rabu.

"Kondisinya stabil. Persalinannya normal. Dia tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri," papar George.

“Musim hujan yang sedang berlangsung telah mengubah daerah yang terkena dampak menjadi tempat berkembang biak nyamuk,” ungkap dia.

Menteri Kesehatan Kerala Dr Rajan Khobragade mengatakan, “Pemerintah telah mengirim tim untuk pengawasan yang kuat di daerah wabah, membuat orang sadar akan penyakit tersebut, menindaklanjuti ibu hamil dan konseling pasangan.”

Kerala sedang berjuang melawan gelombang kedua infeksi Covid-19 yang berkelanjutan dengan tingkat tes positif tetap di atas 10% selama tujuh hari terakhir.

Kasus pertama infeksi virus corona di India juga dilaporkan dari negara bagian tersebut pada Januari 2020.

Virus Zika pertama kali diisolasi dari monyet yang hidup di hutan Zika Uganda pada 1947. Virus ini baru secara resmi dideskripsikan sebagai virus yang berbeda pada 1952.

Tetapi para peneliti menemukan bahwa "sejumlah besar" orang di India telah terpapar virus karena total 33 orang dari 196 orang yang diuji untuk penyakit baru memiliki kekebalan.

"Oleh karena itu tampaknya virus Zika pasti menyerang manusia di India," ungkap kesimpulan para peneliti dalam makalah yang diterbitkan pada 1953.

Pada 2016 dan 2017, negara bagian Gujarat bagian barat melaporkan kasus virus Zika dari kota Ahmedabad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)