Produksi Logam Uranium Diperkaya, AS Peringatkan Iran

Rabu, 07 Juli 2021 - 19:19 WIB
loading...
Produksi Logam Uranium Diperkaya, AS Peringatkan Iran
AS memperingatkan Iran untuk tidak terus mengambil kebijakan berbahaya terkait program nuklirnya. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) memperingatkan Iran untukberhenti mengejar kebijakan berbahaya terkait senjata nuklir. AS mengatakan bahwa upaya terbaru negara itu untuk memperkaya logam uranium dapat mempersulit kembalinya pembicaraan yang bertujuan untuk memulai kembali perjanjian nuklir 2015 .

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) melaporkan bahwa Iran bermaksud untuk memperkaya logam uranium hingga 20 persen, dalam tanda terbaru pembicaraan Wina tentang menghidupkan kembali perjanjian nuklir Iran yang disebut sebagai rencana aksi komprehensif bersama (JCPOA) bisa terhenti.

Langkah ini membawa Iran selangkah lebih dekat untuk mengembangkan bahan yang dapat digunakan untuk membuat senjata nuklir.

"Kami terus mendesak Iran untuk menghentikan ketergesaan ini, untuk kembali ke Wina bersiap untuk pembicaraan nyata, dan berada dalam posisi siap untuk menyelesaikan pekerjaan yang dimulai pada April," imbau juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price.



"Hal ini mengkhawatirkan bahwa Iran memilih untuk terus meningkatkan non-kinerja komitmen JCPOA-nya, terutama dengan eksperimen yang memiliki nilai untuk penelitian senjata nuklir," kata Price.

"Ini adalah langkah mundur yang tidak menguntungkan bagi Iran," tegasnya seperti dikutip dari Al Araby, Rabu (7/7/2021).

Sementara Teheran bersikeras hanya tertarik pada teknologi nuklir untuk tujuan energi, Teheran secara bertahap menjauh dari ketentuan kesepakatan yang ditandatangani dengan kekuatan dunia pada tahun 2015.

Presiden Donald Trump saat itu menarik AS dari kesepakatan pada 2018, tetapi pemerintahan Presiden Joe Biden telah menyatakan kesiapan untuk masuk kembali ke JCPOA jika kondisi tertentu dipenuhi oleh Iran.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)