AS Cabut Sanksi Tiga Warga Iran, Bantah Terkait dengan Pembicaraan Nuklir

Sabtu, 03 Juli 2021 - 11:36 WIB
loading...
AS Cabut Sanksi Tiga Warga Iran, Bantah Terkait dengan Pembicaraan Nuklir
AS mencabut sanksi tiga warga Iran, membantah hal itu terkait dengan pembicaraan nuklir. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) mencabut sanksi terhadap tiga warga Iran , membantah jika hal itu terkait dengan pembicaraan tentang kembalinya AS ke dalam perjanjian nuklir 2015 . Departemen Keuangan ASmenegaskanbahwa hal itu tidak mencerminkan perubahan dalam kebijakan sanksinya terhadap Iran.

Departemen Keuangan AS mengatakan telah menetapkan Behzad Ferdows, Mehrzad Ferdows dan Mohammad Reza Dezfulian tidak lagi disanksi di bawah Perintah Eksekutif 13382, yang menargetkan proliferasi senjata pemusnah massal dan pendukungnya.

Perintah itu membekukan aset mereka yang ada di AS dan melarang warga Amerika berurusan dengan mereka. Ketiganya juga dikenakan sanksi sekunder, yang berarti orang non-AS yang berurusan dengan mereka berisiko terkena sanksi dan terputus dari pasar AS.

Erich Ferrari, seorang pengacara yang mewakili ketiganya dalam gugatan terhadap Departemen Keuangan dengan alasan ada dasar yang tidak cukup untuk penunjukan mereka, mengatakan ada penolakan klaim. Dia menolak berkomentar lebih jauh.



Seorang juru bicara Departemen Keuangan AS menekankan bahwa keputusan AS untuk menghapus ketiganya dari daftar Warga Negara yang Ditunjuk Secara Khusus yang tunduk pada sanksi AS tertentu tidak ada hubungannya dengan pembicaraan tidak langsung tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015, yang secara resmi disebut Rencana Aksi Komprehensif Gabungan. JCPOA).

"Delisting ini tidak mencerminkan perubahan apa pun dalam kebijakan sanksi pemerintah AS terhadap Iran. Mereka tidak ada hubungannya dengan negosiasi JCPOA yang sedang berlangsung di Wina," kata juru bicara itu tanpa menyebut nama seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (3/7/2021).

Iran dan Amerika Serikat telah mengadakan pembicaraan tidak langsung di Wina tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 antara Teheran dan negara-negara besar yang memberlakukan pembatasan pada kegiatan nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi internasional.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)