Beda Sikap Soal Nasib Navalny dan Assange, Rusia Cela UE dan NATO

Minggu, 04 Juli 2021 - 17:18 WIB
loading...
A A A
Pada saat yang sama, hakim mengakui tuduhan terhadap Assange di AS sepenuhnya sah dan beralasan. Saat ini, kantor kejaksaan Amerika sedang mencoba untuk menantang keputusan menolak ekstradisi, dan Assange, yang tidak diizinkan oleh pengadilan untuk meninggalkan penjara dengan jaminan, tetap dalam tahanan.

Pernyataan Zakharova menarik perhatian karena faktanya para pemimpin UE atau negara-negara NATO tidak menyentuh pada nasib Assange. Sikap berbeda ditunjukkan terkait tokoh oposisi Rusia, Alexei Navalny .

UE, NATO dan AS beramai-ramai menyuarakan sikap oposisinya terhadap Rusia. AS dan UE menjatuhkan sanksi kepada Rusia atas tuduhan meracuni Navalny dengan racun Novichok.

Sanksi AS diberlakukan terhadap tujuh pejabat dan 14 entitas Rusia yang dibuat oleh pejabat senior pemerintahan Presiden Joe Biden. Sedangkan UE juga memberlakukan sebagian besar sanksi simbolis terhadap empat pejabat senior Rusia yang dekat dengan Putin.



Sedangkan NATO menekan Rusia untuk bekerja sama penuh dalam investigasi kasus peracunan Navalny yang akan dipimpin Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia (OPCW).

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)