China Ekspor Model Penanganan Virus Corona ke Banyak Negara

Senin, 13 April 2020 - 13:55 WIB
loading...
A A A
"Pembatasan terbaru untuk membatasi mobilitas personel dan untuk melarang orang asing datang ke negara itu adalah langkah-langkah pengendalian yang digunakan China," katanya.

Pemerintah Kamboja belum merespons permintaan berkomentar.

Meskipun upaya penjangkauan medisnya, China telah menghadapi kritik tajam di Washington dan di tempat lain karena menahan informasi awal tentang virus dan meremehkan risikonya.

"Saya skeptis bahwa banyak negara-negara akan segera melupakan kesalahan langkah awal Tiongkok yang berkontribusi terhadap penyebaran virus global," kata Ryan Hass, direktur senior Asia di Dewan Keamanan Nasional pemerintahan Obama yang sekarang di Brookings Institution.

Namun, tanggapan terhadap penjangkauan dari China di negara-negara seperti Serbia, sejauh ini positif.

Di Beograd, tim Tiongkok mengunjungi sebuah tugu peringatan bagi mereka yang terbunuh pada tahun 1999 ketika bom-bom Amerika menghantam kedutaan besar China di sana. Washington kala itu minta maaf dengan mengklaim sebagai "kecelakaan".

Setelah kedatangan tim, sebuah plakat dipasang di jalan Beograd pusat dengan foto pemimpin China dan surat-surat besar dalam bahasa China dan Serbia berbunyi; "Terima kasih, kakak Xi".
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)