NATO Gelar Latihan Angkatan Laut Terbesar di Laut Hitam

Rabu, 30 Juni 2021 - 09:51 WIB
loading...
A A A
"Ini adalah bagian dari wilayah Ukraina yang berdaulat,” tegas Johnson.



Insiden lain pada hari berikutnya membuat pesawat tempur Su-24 dan Su-30 bergegas untuk menghalangi fregat Belanda Eversten , yang tiba-tiba berubah arah menuju perairan Rusia.

"Tindakan seperti itu mempertanyakan relevansi dokumen paling mendasar - tindakan Rusia-NATO," kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko sebagai tanggapan.

"Kami melanjutkan dari fakta bahwa itu harus dihormati, tetapi pertanyaannya tidak bisa tidak muncul, bagaimana, katakanlah, rotasi permanen berbeda dari kehadiran permanen,” imbuhnya.

Dengan semua pesawat NATO di daerah itu, Armada Laut Hitam Rusia merasa cocok untuk menguji sistem pertahanan udara S-400 Triumf, baterai rudal permukaan-ke-udara yang telah berfungsi sebagai pencegah efektif untuk pesawat Barat di Suriah. Kementerian Pertahanan Rusia juga mengatakan sedang mengawasi dengan cermat aktivitas peserta Sea Breeze sebelum, selama, dan setelah latihan.



Latihan juga dilakukan seiring upaya keras Ukraina bergabung dengan NATO. Meskipun Ukraina telah berusaha untuk bergabung dengan aliansi NATO yang dipimpin AS sejak 1990-an, pemerintahan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah meningkatkan kampanye, mengklaim aksesi ke NATO adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan konflik di lembah Sungai Donets dan mendesak negara-negara NATO untuk melindungi Ukraina dari Rusia.

Washington dan Brussel telah memberi isyarat bahwa suatu hari Kiev dapat bergabung jika mereka cukup mereformasi sistem politik dan masyarakat sipilnya menjadi lebih demokratis.

Awal tahun ini, pemerintah Zelenskyy menyetujui rencana untuk merebut kembali Crimea, di mana Tatar Crimea dan mayoritas berbahasa Rusia memilih untuk memisahkan diri dari Ukraina dan bergabung kembali dengan Rusia pada tahun 2014 setelah pemerintah nasionalis sayap kanan baru di Kiev yang naik ke tampuk pimpinan menyerang kelompok minoritas berbahasa Rusia yang besar di negara itu. Tindakan yang sama memicu krisis di Donbas yang berbahasa Rusia, di mana beberapa "republik rakyat" yang memisahkan diri memberontak dari kendali Kiev dan mempertahankan kemerdekaan mereka sejak saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)