Bagaimana 'Jet Tempur Tercanggih Rusia Su-57' Ada di Armada AL AS?

Kamis, 24 Juni 2021 - 00:02 WIB
loading...
A A A


VCF-12 telah menjadi unit pertama Angkatan Laut Amerika yang beralih dari penggunaan Legacy Hornet ke Super Hornet dalam pengoperasiannya sebagai peran musuh.

Super Hornet

Boeing F/A 18-E/F Super Hornet adalah pesawat tempur multiperan bermesin ganda yang merupakan salah satu varian pesawat Hornet di Angkatan Laut AS.

Hornet telah beroperasi sejak 1999 dan terlibat dalam misi penting seperti Operasi Pembebasan Irak dan menjatuhkan bom ke pasukan Taliban dan ISIS. Legacy Hornet yang asli telah ditingkatkan menjadi Super Hornet, pesawat yang lebih besar dengan mesin yang lebih bertenaga dan daya dukung bahan bakar.

Super Hornet dapat membawa rudal udara-ke-udara [air-to-air] serta senjata udara-ke-permukaan [air-to-surface], menjadikannya salah satu jet tempur garis depan multiperan yang paling mematikan, canggih, terbukti dalam pertempuran, yang beroperasi saat ini.

The Eurasian Times, pada Rabu (23/6/2021), juga melaporkan tentang pabrikannya, Boeing, yang "melempar" F/A-18 Block III Super Hornet ke Angkatan Laut India untuk kapal induknya.

“Pembeda unik Super Hornet untuk Angkatan Laut India termasuk kompatibilitas kapal induk dua tempat duduk yang memberikan fleksibilitas operasional untuk mengintegrasikan teknologi masa depan yang terkait dengan antarmuka berawak dan tak berawak dari kapal induk,” kata Ankur Kanaglekar, kepala Penjualan Pesawat Tempur India untuk Boeing.

Pekan lalu, Hornet menjadi berita setelah Angkatan Laut AS membuat sejarah karena berhasil melakukan pengisian bahan bakar udara-ke-udara. Sebuah pesawat tak berawak, MQ-25 mentransfer bahan bakar jet ke F/A-18 Super Hornet.

“MQ-25 adalah dasar untuk Kerangka Kampanye Tak Berawak Angkatan Laut dan merupakan langkah pertama menuju armada masa depan yang ditambah dengan sistem tak berawak untuk menghadapi tantangan yang berkembang di abad ke-21,” kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)