Bagaimana 'Jet Tempur Tercanggih Rusia Su-57' Ada di Armada AL AS?

Kamis, 24 Juni 2021 - 00:02 WIB
loading...
Bagaimana Jet Tempur Tercanggih Rusia Su-57 Ada di Armada AL AS?
Jet tempur F/A 18-E Super Hornet Amerika Serikat yang disamarkan dengan cat agar mirip jet tempur siluman Su-57 Rusia. Foto/VFC-12
A A A
WASHINGTON - Jet tempur Su-57 adalah pesawat tecanggih Rusia dan satu-satunya jet siluman operasional keempat di dunia. Namun, ada pesawat tempur yang sangat mirip Su-57 di armada Angkatan Laut Amerika Serikat (AS).

Pesawat itu ternyata jet tempur F/A 18-E Super Hornet Amerika yang disamarkan dengan cat mirip jet tempur tercanggih Moskow. Penyamaran ini sengaja dilakukan VFC-12, sebuah unit di Angkatan Laut Amerika.



Fighter Squadron Composite 12 atau VFC-12 terkenal karena meniru pesawat tempur musuh. Berbasis di Naval Air Station (NAS) Oceana di Virginia, VFC-12 memberikan pelatihan musuh kepada pilot Amerika, dan menggunakan tanda panggilan radio "Ambush".

Penyamaran F/A 18-E Super Hornet sebagai Su-57 Rusia yang warnanya dikenal dengan "Hiu Putih" tersebut menggunakan skema warna yang dijuluki "Mako".

Media Amerika, The Drive, melaporkaan “jet musuh” yang baru dicat itu terungkap selama upacara pergantian komando pada 18 Juni di NAS Oceana.

Apa yang VCF-12 Lakukan?

Berbasis di Naval Air Station Oceana di Virginia, VCF-12 adalah salah satu dari empat unit musuh Angkatan Laut AS yang berspesialisasi dalam "pola kamuflase dari negara-negara ancaman potensial".

Dengan mereplikasi skema warna, lencana, dan tanda jet musuh mereka, Angkatan Laut AS mengekspos awak pesawat tempur ke pesawat asing dan menantang jangkauan visual mereka untuk membedakan musuh dari armada abu-abu AS.

Dikenal sebagai “Fighting Omars”, VCF-12 di masa lalu telah mengoperasikan Hornet dalam skema kamuflase yang mirip dengan Su-27 Flanker, Su-34 Fullback di antara jet Rusia lainnya.



VCF-12 telah menjadi unit pertama Angkatan Laut Amerika yang beralih dari penggunaan Legacy Hornet ke Super Hornet dalam pengoperasiannya sebagai peran musuh.

Super Hornet

Boeing F/A 18-E/F Super Hornet adalah pesawat tempur multiperan bermesin ganda yang merupakan salah satu varian pesawat Hornet di Angkatan Laut AS.

Hornet telah beroperasi sejak 1999 dan terlibat dalam misi penting seperti Operasi Pembebasan Irak dan menjatuhkan bom ke pasukan Taliban dan ISIS. Legacy Hornet yang asli telah ditingkatkan menjadi Super Hornet, pesawat yang lebih besar dengan mesin yang lebih bertenaga dan daya dukung bahan bakar.

Super Hornet dapat membawa rudal udara-ke-udara [air-to-air] serta senjata udara-ke-permukaan [air-to-surface], menjadikannya salah satu jet tempur garis depan multiperan yang paling mematikan, canggih, terbukti dalam pertempuran, yang beroperasi saat ini.

The Eurasian Times, pada Rabu (23/6/2021), juga melaporkan tentang pabrikannya, Boeing, yang "melempar" F/A-18 Block III Super Hornet ke Angkatan Laut India untuk kapal induknya.

“Pembeda unik Super Hornet untuk Angkatan Laut India termasuk kompatibilitas kapal induk dua tempat duduk yang memberikan fleksibilitas operasional untuk mengintegrasikan teknologi masa depan yang terkait dengan antarmuka berawak dan tak berawak dari kapal induk,” kata Ankur Kanaglekar, kepala Penjualan Pesawat Tempur India untuk Boeing.

Pekan lalu, Hornet menjadi berita setelah Angkatan Laut AS membuat sejarah karena berhasil melakukan pengisian bahan bakar udara-ke-udara. Sebuah pesawat tak berawak, MQ-25 mentransfer bahan bakar jet ke F/A-18 Super Hornet.

“MQ-25 adalah dasar untuk Kerangka Kampanye Tak Berawak Angkatan Laut dan merupakan langkah pertama menuju armada masa depan yang ditambah dengan sistem tak berawak untuk menghadapi tantangan yang berkembang di abad ke-21,” kata Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.

Su-57 Felon

Sedangkan Su-57 Felon yang ikonik adalah pesawat bermesin ganda, multiperan dan satu-satunya jet tempur siluman generasi kelima Rusia.

Dengan masuknya baru-baru ini ke dalam layanan pada tahun 2020, Rusia menjadi anggota terbaru dari klub elite jet generasi kelima operasional, yang mencakup duo Amerika F-22, F-35, dan J-20 China.

Meskipun tidak ada penjelasan resmi yang diberikan oleh VCF-12 untuk memilih Su-57 untuk direplikasi, kemungkinan karena tantangan yang dapat ditimbulkan oleh pesawat tempur generasi kelima AS.

Sejak saat itu para ahli berspekulasi tentang pesawat tempur mana yang lebih mematikan daripada yang lain, membuat ketiga negara meningkatkan model yang ada dengan teknologi inovatif dan canggih.

Rusia dilaporkan membuat versi Su-57 yang lebih mematikan untuk menandingi jet F-16 dan F-35 bermesin tunggal AS. Hal itu dipaparkan Nitin J. Ticku, seorang analis pertahanan di The Eurasian Times.

Pekan lalu, sebuah video muncul di mana Su-57 dikalahkan oleh pilot F-35 AS dalam video game populer, Battleground. Video tersebut menggetarkan para pakar keamanan dan penerbangan tentang kemampuan manuver F-35 yang luar biasa.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)