UE: Pembicaraan untuk Hidupkan Kembali Kesepakatan Nuklir Iran Hampir Rampung

loading...
UE: Pembicaraan untuk Hidupkan Kembali Kesepakatan Nuklir Iran Hampir Rampung
Uni Eropa (UE) menyatakan bahwa pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran terus berlangsung dan hampir menemukan kata sepakat. Foto/REUTERS
WINA - Uni Eropa (UE) menyatakan bahwa pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran terus berlangsung. Menurut UE, pembicaraan itu hampir menemukan kata sepakat.

"Kami semakin dekat dengan kesepakatan, tetapi kami belum sampai di sana," kata Enrique Mora, Wakil Sekretaris Jenderal dan Direktur Politik Layanan Aksi Eksternal Eropa. Baca juga: PM Israel Peringatkan Pembicaraan Nuklir dengan Rezim Baru Ira n

"Kami telah membuat kemajuan dalam sejumlah masalah teknis. Kami sekarang memiliki lebih banyak kejelasan tentang dokumen teknis, semuanya cukup rumit. Dan, kejelasan itu memungkinkan kami juga memiliki gagasan yang jelas tentang apa masalah politik itu," sambungnya.

Mora, seperti dilansir Xinhua pada Senin (21/6/2021), menuturkan bahwa mereka lebih dekat untuk mencapai kesepakatan dibandingkan satu pekan lalu. Sementara itu, jelas Mora, semua peserta akan melakukan perjalanan kembali ke ibu kota mereka untuk melakukan konsultasi.

Diplomat senior UE itu mengatakan bahwa dia berharap bahwa di babak berikutnya, delegasi akan kembali dari Ibu Kota negara masing-masing dengan instruksi yang lebih jelas, gagasan yang lebih jelas tentang bagaimana akhirnya menyelesaikan kesepakatan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Seyyed Abbas Araghchi, Wakil Menteri Luar Negeri dan Kepala Perundingan Iran. Araghchi mengatakan, dokumen untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir hampir siap. Baca juga: Pembicaraan Nuklir Iran Berlarut-larut, Harga Minyak Naik Lagi



"Kami lebih dekat dengan kesepakatan daripada sebelumnya, tetapi menjembatani kesenjangan, membutuhkan keputusan oleh para pihak. Beberapa masalah masih perlu diselesaikan," ujarnya.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top