Kisah Pengabdian Rohaniwan Indonesia dalam Melayani Masyarakat Miskin di Kenya

Senin, 14 Juni 2021 - 22:01 WIB
loading...
A A A
Suster asal Pontianak tersebut telah 25 tahun mengabdi di Kehancha, desa di pelosok barat Kenya.

“Tantangan terberat kami adalah masalah finansial,” ujar Suster Yoseftine ketika ditanya mengenai kesulitan utama yang dihadapinya.

Dia menuturkan sulitnya menjalankan rumah sakit di tengah keterbatasan biaya. Biaya yang dibebankan kepada pasien sudah diupayakan serendah mungkin, namun sebagian pasien masih saja tetap tidak mampu membayar.

Di sisi lain, dukungan dari donor yang umumnya datang dari negara maju, telah banyak berkurang jika dibandingkan dengan tahun 1990-an dan awal 2000.

Tanpa banyak diketahui oleh publik di Indonesia, saat ini terdapat sekitar 23 suster dan rohaniwan Katolik yang telah mengabdi untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat di Kenya.

Mereka tersebar di sekitar 8 komunitas di wilayah yang berbeda. Tidak hanya di bidang kesehatan dan pelayanan keagamaan, mereka juga ada yang mendirikan sekolah, bahkan pusat rehabilitasi anak jalanan.

Suster dan rohaniawan asal Indonesia yang berada di Kenya berasal dari beberapa kongregasi (kelompok) yang berbeda, namun tujuan mereka sama-sama mengabdi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat kurang mampu sesuai keahlian masing-masing.

Dubes RI Nairobi menyampaikan kekagumannya atas kerja kemanusiaan para rohaniwan Indonesia.

“Kami mengapresiasi tinggi pengabdian rohaniwan WNI yang telah melayani masyarakat di luar negeri,” ujar Dubes M Hery Saripudin.

Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masin berlangsung, KBRI Nairobi juga terus memberikan dukungan bagi para rohaniwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)