Pesawat Belarusia 'Haram' Masuk Langit Uni Eropa

Sabtu, 05 Juni 2021 - 11:47 WIB
loading...
A A A
Menurut badan pengawas lalu lintas udara Eropa, Eurocontrol, kebijakan ini dapat mempengaruhi sekitar 400 pesawat sipil yang biasanya terbang di atas Belarusia setiap hari.

Banyak maskapai telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan terbang di atas negara itu, termasuk Lufthansa dan Air France.

Namun, badan-badan yang mewakili maskapai penerbangan telah mengkritik langkah UE. Mereka menilau UE telah "mempolitisasi" perjalanan udara.

"Melarang pesawat Eropa menggunakan wilayah udara Belarusia dengan arahan keselamatan juga merupakan politisasi keselamatan penerbangan," kata Willie Walsh, direktur jenderal Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

"Dua kesalahan tidak membuatnya menjadi benar. Politik tidak boleh mengganggu pengoperasian pesawat yang aman dan politisi tidak boleh menggunakan keselamatan penerbangan sebagai kedok untuk mengejar agenda politik atau diplomatik," tegasnya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (5/6/2021)



Ketegangan juga meningkat antara Belarus dan tetangganya Lituania, yang menunjukkan bahwa rezim Lukashenko sengaja memaksa migran ilegal melewati perbatasannya.

Penjaga perbatasan Lituania melaporkan peningkatan tajam dalam migran yang datang dari seberang perbatasan Belarusia pada hari Jumat. Pejabat perbatasan mengatakan mereka menahan 52 migran selama 24 jam terakhir - lebih dari setengah jumlah total penyeberangan perbatasan yang dilakukan dari Belarusia pada tahun 2020.

"Tampaknya pejabat Belarusia berpotensi bekerja sama dan berpartisipasi dalam arus migran ilegal yang terorganisir," kata Menteri Dalam Negeri Lithuania Agne Bilotaite minggu ini.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)