Kapal Perang Iran Dilaporkan Menuju Venezuela, AS Keluarkan Peringatan Keras

loading...
Kapal Perang Iran Dilaporkan Menuju Venezuela, AS Keluarkan Peringatan Keras
Kapal perang Makran milik Angkatan Laut Iran. Foto/Iranian Army/WANA/Handout via REUTERS
WASHINGTON - Pentagon atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) telah mengeluarkan peringatan keras kepada Teheran menyusul laporan bahwa kapal perang Iran sedang menuju Venezuela untuk mengirimkan senjata.

“Pengiriman senjata semacam itu akan menjadi tindakan provokatif dan ancaman bagi mitra kami di belahan Bumi ini,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh Pentagon.

Baca juga: Batalion Sepik Siap Perang dengan Indonesia, Ini Respons Resmi PNG



"Dengan demikian, kami berhak untuk mengambil tindakan yang tepat—bersama dengan mitra kami—untuk mencegah pengiriman atau transit senjata tersebut," lanjut Pentagon.

Peringatan itu—mungkin yang paling keras diarahkan ke Iran hingga saat ini oleh pemerintahan Joe Biden—datang setelah USNI Newspada hari Kamis mengungkapkan citra satelit yang menunjukkan kapal perang Makran milik Angkatan Laut Iran membawa setidaknya tujuh kapal serang cepat.

Makran awalnya adalah kapal tanker minyak, namun diubah menjadi kapal perang.

Masih belum jelas apakah perangkat keras militer tambahan ada di dalam kapal Makran atau tidak, serta kemana tujuan akhirnya.

Pernyataan Pentagon itu juga menyusul pernyataan Dewan Keamanan Nasional AS yang dirilis Politico pada hari Rabu.

Politico pertama kali melaporkan pada akhir pekan lalu bahwa kapal perang Makran menuju ke selatan di sepanjang pantai timur Afrika, kemungkinan menuju Venezuela. Laporan itu mengutip tiga pejabat AS.

Kapal perang tersebut dan kapal-kapal pengawalnya diperkirakan akan memasuki Atlantik selatan paling cepat hari Kamis lalu.



Amerika Serikat telah lama mengambil garis keras terhadap musuh asing yang mengirimkan perangkat keras militer ke Amerika Latin.

Baca juga: Viral, Jurnalis Radio Ini Wawancarai Live Pria saat Berhubungan Seks Dengannya

Iran sendiri telah memiliki hubungan dekat dengan pemerintah Venezuela selama bertahun-tahun, tetapi langkah yang tampak adalah ujian pertama bagi Presiden Joe Biden, yang pemerintahannya mencari pemulihan hubungan dengan Teheran setelah bertahun-tahun permusuhan yang tegang di bawah mantan Presiden Donald Trump.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top