Museum Tiananmen Hong Kong Ditutup Tiga Hari Setelah Dibuka

Rabu, 02 Juni 2021 - 13:27 WIB
loading...
Museum Tiananmen Hong Kong Ditutup Tiga Hari Setelah Dibuka
Petugas dari Departemen Kebersihan Makanan dan Lingkungan mengajukan pertanyaan kepada seorang staf, kiri, di Museum Peringatan 4 Juni. Foto/AP
A A A
HONG KONG - Sebuah museum di Hong Kong yang memperingati tindakan brutal tentara China terhadap protes pro-demokrasi di Lapangan Tiananmen pada tahun 1989 ditutup pada Rabu (2/6/2021), tiga hari setelah dibuka.

Penyelenggara Museum 4 Juni mengatakan museum itu ditutup setelah pihak berwenang menyelidiki apakah museum itu memiliki izin untuk mengadakan pameran publik. Aliansi Hong Kong dalam Mendukung Gerakan Demokratik Patriotik Tiongkok di Hong Kong mengatakan ingin melindungi staf dan pengunjung sementara kelompok itu mencari nasihat hukum.

Kelompok itu, yang telah mengorganisir menyalakan lilin di Hong Kong dalam beberapa tahun terakhir yang menarik ribuan orang, mengatakan museum itu menerima lebih dari 550 pengunjung sejak dibuka pada Minggu seperti dikutip dari AP.

Dalam beberapa tahun terakhir, ribuan orang berkumpul di Victoria Park Hong Kong untuk menyalakan lilin dan bernyanyi untuk mengenang orang-orang yang terbunuh ketika militer menyerang pengunjuk rasa di dalam dan sekitar Lapangan Tiananmen, menewaskan ratusan dan mungkin ribuan orang.



Otoritas Hong Kong telah melarang selama dua tahun berturut-turut peringatan Tragedi Tiananmen tersebut dengan alasan pembatasan jarak sosial dan risiko kesehatan masyarakat dari pandemi virus Corona baru .

Para kritikus mengatakan pihak berwenang menggunakan pandemi sebagai alasan untuk membungkam suara-suara pro-demokrasi di Hong Kong.

Tahun lalu, ribuan orang berkumpul di Victoria Park meskipun ada larangan dan peringatan polisi. Beberapa minggu kemudian, lebih dari 20 aktivis yang ikut serta dalam aksi tersebut ditangkap. Tahun ini, penyelenggara telah mendesak warga untuk menandai 4 Juni dengan menyalakan lilin di mana pun mereka berada.

Hong Kong adalah tempat terakhir di tanah China di mana serangan partai Komunis terhadap aksi protes yang berpusat di Lapangan Tiananmen Beijing diperingati dengan menyalakan lilin dan acara lainnya. Tetapi pihak berwenang telah melarang upacara publik untuk tahun kedua di tengah kampanye Beijing untuk menghancurkan aktivisme pro-demokrasi di wilayah tersebut.



Sedangkan di China, peringatan terhadap Tragedi Tiananmen telah lama dilarang. Kerabat orang-orang yang terbunuh dalam penumpasan sering ditahan atau dilecehkan oleh pihak berwenang menjelang peringatan.

Beijing sendiri telah memperketat kendali atas Hong Kong, memicu keluhan bahwa hal itu mengikis otonomi yang dijanjikan ketika bekas jajahan Inggris itu kembali ke China pada 1997 dan merusak statusnya sebagai pusat keuangan. Aktivis pro-demokrasi telah dijatuhi hukuman penjara di bawah undang-undang keamanan nasional yang diberlakukan menyusul aksi protes anti-pemerintah yang dimulai pada 2019.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2093 seconds (0.1#10.140)