Demo Tiananmen Sendirian di Hong Kong, Nenek Wong Ditangkap

Selasa, 01 Juni 2021 - 09:34 WIB
loading...
Demo Tiananmen Sendirian di Hong Kong, Nenek Wong Ditangkap
Alexandra Wong, 65, atau Nenek Wong, aktivis pro-demokrasi yang demo sendirian di Hong Kong memperingati tragedi Tiananmen, China. Foto/South China Morning Post/Jonathan Wong
A A A
HONG KONG - Polisi Hong Kong menangkap aktivis tua pro-demokrasi ketika dia melakukan demonstrasi seorang diri atas tindakan keras tahun 1989 di Tiananmen, China . Aktivis pemberani tersebut adalah Alexandra Wong, 65 atau dikenal sebagai "Nenek Wong".

Alexandra Wong ditahan polisi pada hari Minggu karena dicurigai ikut serta dalam pertemuan yang melanggar hukum saat dia berjalan menuju Kantor Penghubung Beijing di Hong Kong.



Nenek Wong adalah peserta reguler dari protes pro-demokrasi besar yang melanda Hong Kong pada tahun 2019.

Dia sering terlihat mengibarkan bendera Union Jack, simbol ketidakpuasannya terhadap pemerintahan Beijing sejak kota itu diserahkan ke China oleh Inggris pada tahun 1997.

Protes sekarang dilarang di Hong Kong.

Pihak berwenang telah menggunakan ancaman pandemi virus corona dan masalah keamanan sebagai dalih untuk melarang demonstrasi.

Peringatan yang direncanakan untuk hari Jumat nanti—peringatan 32 tahun tindakan keras Beijing tahun 1989 terhadap protes pro-demokrasi di Lapangan Tiananmen—telah ditolak izinnya untuk tahun kedua berturut-turut.

Pihak berwenang telah menggunakan dalih ancaman pandemi virus corona, meskipun Hong Kong saat ini merayakan tidak ada kasus penularan lokal virus tersebut selama sebulan terakhir.

Aktivis juga meminta izin untuk pawai kecil bertema Tiananmen pada hari Minggu ke Kantor Penghubung, yang mewakili pemerintah pusat China di kota Hong Kong, tetapi izin itu juga ditolak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)