Berseteru dengan Eropa, Presiden Belarusia Dapat Dukungan Putin

Sabtu, 29 Mei 2021 - 06:01 WIB
loading...
A A A
"Saya membawa beberapa dokumen agar Anda mengerti apa yang terjadi," imbuhnya.

Tampak santai dan tersenyum, Putin sebelumnya menyarankan agar kedua pria itu berenang, sesuatu yang disetujui Lukashenko.

Rusia telah menawarkan dukungan lisan kepada Minsk sebelum pertemuan, sambil menepis spekulasi bahwa pihaknya sendiri terlibat dalam insiden tersebut.



Rusia merupakan sekutu dekat yang melihat bekas republik Soviet berpenduduk 9,5 juta itu sebagai penyangga strategis penting baginya untuk menghadapi barat.

Moskow mengatakan Belarusia telah menunjukkan kesiapan untuk transparansi dalam perselisihan itu dan menggambarkan reaksi Barat terhadap insiden pesawat itu sebagai "mengejutkan," dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menuduhnya menjelek-jelekkan pihak berwenang di Minsk.

Rusia dan Belarusia, yang secara resmi merupakan bagian dari "negara persatuan", telah melakukan pembicaraan selama bertahun-tahun untuk lebih mengintegrasikan negara mereka. Proses ini telah lama memicu ketakutan di antara oposisi Belarus yang terkepung bahwa Lukashenko mungkin akan menukar potongan kedaulatan dengan imbalan dukungan politik dari Kremlin.

Putin memberi tahu Lukashenko bahwa kedua pria itu terus membangun negara serikat, tetapi melakukannya dengan mantap, tanpa tergesa-gesa, dan dengan cara yang rendah hati.

Berkuasa sejak 1994, Lukashenko dengan bantuan Rusia menghadapi protes terbesar dari pemerintahannya musim panas lalu atas kecurangan pemilu, tuduhan yang dia bantah. Protes itu kehilangan momentum di tengah penumpasan dengan kekerasan, tetapi para pengkritiknya berencana untuk melakukan aksi protes yang baru.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)