Berseteru dengan Eropa, Presiden Belarusia Dapat Dukungan Putin

loading...
Berseteru dengan Eropa, Presiden Belarusia Dapat Dukungan Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan koleganya Presiden Belarusia Alexander Lukashenko di Sochi. Foto/ruptly.tv
SOCHI - Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan dukungan kepada mitranya dari Belarusia Alexander Lukashenko dalam perselisihannya dengan Barat atas tindakannya terhadap sebuah pesawat jet penumpang dan penangkapan seorang blogger pembangkang.

Barat menuduh Belarusia melakukan pembajakan setelah kontrol lalu lintas udara Belarusia pada hari Minggu memberi tahu pilot Ryanair tentang ancaman bom palsu. Minsk lantas meluncurkan pesawat tempur MiG-29 untuk mengawal pesawat jet itu untuk kemudian menangkap seorang blogger dan kritikus Lukashenko, Roman Protasevich, bersama pacarnya.

Baca juga: Demi Menangkap Oposisi Belarusia, Penerbangan Ryanair Diancam Bom

Keduanya kini mendekam di penjara. Dituduh mendalangi kerusuhan massal, Protasevich bisa dipenjara hingga 15 tahun.



Tapi Putin, sekutu dekat Lukashenko, memberikan dukungannya kepada Lukashenko. Orang nomor satu di Rusia itu dengan hangat menyambutnya untuk melakukan pembicaraan di kota Sochi, sebelah selatan negara itu. Putin juga setuju dengan Lukashenko bahwa reaksi Barat terhadap insiden itu adalah "ledakan emosi".

"Pada suatu waktu mereka memaksa pesawat Presiden Bolivia untuk mendarat dan membawanya keluar dari pesawat dan tidak ada apa-apa, diam," kata Putin, merujuk pada insiden 2013 di mana pesawat Evo Morales terpaksa mendarat di Austria pada saat Amerika Serikat (AS) mencoba mencegat whistleblower Edward Snowden seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (29/5/2021).

Rencana pembicaraan di kota Sochi di Laut Hitam itu diselenggarakan sebelum insiden pesawat, tetapi terjadi setelah banyak negara Eropa memberlakukan larangan penerbangan pada penerbangan Belarusia dan Uni Eropa sedang mempertimbangkan sanksi lebih lanjut.

Baca juga: UE Larang Pesawat Melintasi Langit Belarusia Pasca Insiden 'Pembajakan' Ryanair

Lukashenko mengatakan kepada Putin bahwa dia akan menunjukkan kepadanya beberapa dokumen rahasia tentang insiden Ryanair yang akan membantu pemimpin Rusia itu memahami apa yang sebenarnya terjadi.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top