Pemandu Pendakian Sebut 100 Orang Terjangkit Covid-19 di Gunung Everest

Minggu, 23 Mei 2021 - 11:00 WIB
loading...
Pemandu Pendakian Sebut 100 Orang Terjangkit Covid-19 di Gunung Everest
Pemandu pendakian sebut 100 orang terjangkit Covid-19 di Gunung Everest. Foto/NBC
A A A
KATHMANDU - Seorang pemandu pendakian mengatakan bahwa wabah virus Corona baru di Gunung Everest telah menginfeksi setidaknya 100 pendaki dan staf pendukung. Pernyataannya memberikan perkiraan komprehensif pertama di tengah penolakan Nepal terhadap adanya cluster Covid-19 di puncak tertinggi dunia itu.

Lukas Furtenbach dari Austria , yang pekan lalu menjadi satu-satunya penjual pakaian eceran terkemuka yang menghentikan ekspedisinya di Everest karena kekhawatiran akan virus Corona baru, mengatakan salah satu pemandu asingnya dan enam pemandu Sherpa Nepal telah dinyatakan positif.

“Saya pikir dengan semua kasus yang dikonfirmasi yang kami ketahui sekarang - dikonfirmasi dari pilot (penyelamat), dari asuransi, dari dokter, dari pemimpin ekspedisi - saya memiliki tes positif sehingga kami dapat membuktikan ini,” kata Furtenbach di ibukota Nepal, Kathmandu.

“Kami memiliki minimal 100 orang positif Covid di base camp, dan jumlahnya mungkin sekitar 150 atau 200,” imbuhnya seperti dikutip dari South China Morning Post, Minggu (23/5/2021).

Dia mengatakan jelas ada banyak kasus di base camp Everest karena dia bisa melihat orang-orang sakit, dan bisa mendengar orang batuk di tenda mereka.

Sebanyak 408 pendaki asing diberikan izin untuk mendaki Everest musim ini, dibantu oleh beberapa ratus Sherpa dan staf pendukung yang telah ditempatkan di base camp sejak April.

Pejabat pendaki gunung Nepal membantah ada kasus aktif musim ini di antara pendaki dan staf pendukung di semua base camp untuk pegunungan Himalaya di negara itu. Pendakian gunung Everest sendiri ditutup tahun lalu karena pandemi.



Pejabat Nepal tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar pada hari Sabtu. Tim pendaki lain belum mengumumkan infeksi Covid-19 di antara anggota atau staf mereka. Beberapa pendaki melaporkan hasil tes positif setelah mereka diturunkan dari base camp Everest.

Furtenbach mengatakan sebagian besar tim di gunung itu tidak membawa alat penguji virus, dan sebelum timnya mundur, mereka telah membantu melakukan tes dan telah mengonfirmasi dua kasus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)