Tsunami Covid-19 India Ancam Pasokan Vaksin Global

Senin, 17 Mei 2021 - 00:05 WIB
loading...
A A A
Pemerintah India telah berulang kali menyatakan bahwa tidak ada larangan ekspor vaksin Covid-19. Tetapi pengiriman ke banyak negara telah ditunda. Hanya 6 juta vaksin yang telah diekspor sejak akhir Maret, dibandingkan dengan 60 juta pada dua bulan sebelumnya.



Gelombang kedua, papar Horner bukanlah satu-satunya alasan penurunan ekspor. Krisis yang meningkat juga telah mengungkapkan kekurangan produksi yang kritis.

"Permintaan yang meningkat dipenuhi dengan pasokan yang menyusut. Dosis rata-rata tujuh hari yang diberikan turun dari 3,6 juta per hari pada awal April menjadi 1,7 juta sebulan kemudian," ujarnya.

Masalah ini telah muncul sejak sebelum gelombang kedua. Kembali pada bulan Februari, Poonawalla memperingatkan bahwa Serum Institute tidak akan membuat 1 miliar dosis vaksin COVID-19 seperti yang diperkirakan tahun ini, melainkan 400 juta dosis, jika "beruntung".



Oleh karena itu, dia meragukan kemampuan COVAX untuk memasok lebih dari 2 miliar dosis ke negara-negara di seluruh dunia pada akhir tahun 2021, menunjukkan bahwa waktu yang lebih mungkin adalah 18 bulan.

Bohrer mengatakan, meskipun semua kapasitas produksi vaksin India didedikasikan untuk pasokan domestik dalam beberapa bulan mendatang, kapasitas tersebut mungkin masih belum mencukupi.

"Institut Serum telah memproduksi lebih dari 90 persen vaksin yang diberikan di India sejauh ini, tetapi produksi bulanannya diperkirakan hanya 60 juta dosis," ungkapnya.

"Target untuk meningkatkannya menjadi 100 juta dosis telah sering ditunda - dari Maret, hingga April, Mei, Juni dan sekarang Juli. Satu-satunya pemasok India lainnya, Bharat Biotech, memiliki perkiraan kapasitas bulanan hanya 5 juta dosis," tukasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)