Peta Berusia 70 Tahun di Jatung Konflik Israel dan Palestina....

Sabtu, 15 Mei 2021 - 16:06 WIB
loading...
A A A
Itu bukanlah rencana yang sempurna. Gaza, yang 98 persennya adalah Arab, sangat mudah menjadi bagian dari negara Arab. Tetapi daerah-daerah di zona Yahudi seringkali lebih bercampur. Hampir sepertiga orang di konurbasi Jaffa-Tel Aviv adalah orang Arab; kebanyakan orang di Jaffa sendiri adalah orang Arab. Namun, memiliki negara Yahudi di wilayah mayoritas Yahudi akan menghasilkan negara baru yang kecil, mungkin tidak berkelanjutan.

Pada 29 November 1947, PBB mengesahkan rencana partisi. Namun, sebagian besar tetangga Arab Palestina memberikan suara menentang resolusi tersebut, menentang tanah air Yahudi di tanah yang secara permanen diserahkan kepada apa yang kemudian menjadi Israel.

Pada tahun 2011, Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengatakan adalah "kesalahan" untuk menolak rencana yang akan menciptakan negara Palestina pada tahun 1940-an.

Hampir segera setelah peta dibuat, perang saudara meletus yang menyebabkan 700.000 orang Palestina melarikan diri atau diusir dari daerah-daerah yang berada di zona Yahudi.

Cengkeraman lemah Inggris pada "Mandatory Palestine" pada tanggal 15 Mei 1948 dengan negara Israel dideklarasikan. Kurangnya kesepakatan tentang apa yang akan menjadi negara Palestina berarti penguasa baru Israel juga tidak secara eksplisit menyatakan di mana perbatasannya berada.

Apa yang tadinya perang saudara menjadi perang regional. Pada Maret 1949, Israel telah merebut sebagian besar tanah yang berada di zona Arab yang diusulkan serta bagian barat Yerusalem.

Kelompok gerilyawan yang didukung oleh negara-negara Arab tetangga menyerang Israel. Perang berikutnya, termasuk Perang Enam Hari 1967, membuat Israel merebut lebih banyak tanah termasuk seluruh Yerusalem.

Pada tahun 1990, Israel mengizinkan pemerintahan sendiri untuk Gaza dan sebagian Tepi Barat. Namun, permukiman Yahudi telah dibangun di atas tanah Arab, sebuah tindakan yang mendapat kritik internasional, dan penghalang Tepi Barat Israel masuk jauh ke dalam tanah Palestina.

"Tembok itu tidak mengikuti 'Garis Hijau' yang dianggap penting untuk melestarikan wilayah guna menciptakan negara Palestina yang layak," kata Maguire.

"85 persen tembok berada di dalam wilayah pendudukan di Tepi Barat. Beberapa kota Palestina hampir seluruhnya dikelilingi olehnya."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0750 seconds (0.1#10.140)