Blinken: Penarikan Pasukan Bukan Berarti AS Pergi dari Afghanistan

Senin, 03 Mei 2021 - 16:41 WIB
loading...
Blinken: Penarikan Pasukan Bukan Berarti AS Pergi dari Afghanistan
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken mengatakan bahwa penarikan mundur pasukan bukan berarti AS pergi dari Afghanistan. Foto/RUETERS
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken mengatakan bahwa penarikan mundur pasukan bukan berarti AS pergi dari Afghanistan. Dia mengatakan, kehadiran AS di negara itu akan tetap dipertahankan.

"Kami telah terlibat di Afghanistan selama 20 tahun, dan terkadang kami lupa mengapa kami pergi ke sana pada awalnya, dan itu untuk menangani orang-orang yang menyerang kami pada 9/11," ucap Blinken.

"Kami melakukannya. Hanya karena pasukan kami pulang tidak berarti kami pergi. Kami tidak pergi," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (3/5/2021).

Blinken menunjukkan bahwa kedutaan besar AS akan tetap berada di Afghanistan dan Washington akan terus memberikan dukungan ekonomi, kemanusiaan dan pembangunan di negara tersebut.

Ditanya apakah Taliban pada akhirnya dapat mengambil alih Afghanistan, Blinken mengatakan bahwa AS harus siap untuk setiap skenario dan ada berbagai skenario.

Sementara itu, Pekan lalu, Wakil Sekretaris Pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre mengatakan bahwa AS telah mulai menarik pasukan dari Afghanistan.

Jean-Pierre mengatakan bahwa satuan tugas Penjaga Angkatan Darat AS akan dikirim ke Afghanistan di tengah penarikan pasukan yang sedang berlangsung.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)