Sadiq Khan Kembali Terpilih sebagai Walikota London

loading...
Sadiq Khan Kembali Terpilih sebagai Walikota London
Politisi Inggris keturunan Pakistan, Sadiq Khan memenangkan masa jabatan kedua sebagai walikota London. Foto/REUTERS
LONDON - Politisi Inggris keturunan Pakistan, Sadiq Khan memenangkan masa jabatan kedua sebagai Walikota London . Dia awalnya diharapkan menang telak, tetapi hasil penghitungan suara jauh lebih ketat dari yang diharapkan.

Melansir Anadolu Agency pada Minggu (9/5/2021), Khan memenangkan 1.206.034 suara atau 55,2%. Sementara itu, saingan Khan, Shaun Bailey memenangkan 977.601 suara, atau 44,8%.

Kemenangannya datang karena suara terus dihitung di tempat lain setelah pemungutan suara diadakan awal pekan ini. Baca juga: Bersitegang dengan Prancis, London Kirim Kapal Patroli ke Selat Inggris



Pemilihan "Super Thursday" adalah untuk dewan lokal di seluruh Inggris serta pemilihan parlemen Welsh dan Skotlandia, pemilihan walikota di Inggris, dan pemilihan sela di Hartlepool.

Sementara itu, Andy Burnham dari Partai Buruh memenangkan pemilihan ulang sebagai walikota Greater Manchester. Dia meraih 69% suara.

Di Liverpool, Steve Rotheram terpilih kembali sebagai Walikota Wilayah Kota Liverpool dengan 58% suara. Baca juga: Serangan Rasis, Para Jamaah Masjid di London Dilempari Batu dan Telur

Di West Midlands, petahana Konservatif Andy Street memenangkan pemilihan kembali sebagai walikota di bagian Inggris yang ingin diraih oleh Partai Buruh.

Joanne Anderson dari Partai Buruh terpilih sebagai Walikota Kota Liverpool, menjadikanya wanita kulit hitam pertama yang memimpin sebuah kota besar di Inggris. Dia memenangkan 59% suara.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top