Bersitegang dengan Prancis, London Kirim Kapal Patroli ke Selat Inggris

Kamis, 06 Mei 2021 - 10:32 WIB
loading...
Bersitegang dengan Prancis, London Kirim Kapal Patroli ke Selat Inggris
Inggris mengirimkan kapal patroli ke pulau Jersey di tengah ketegangan dengan Prancis terkait hak penangkapan ikan. Foto/Newsweek
A A A
LONDON - Inggris mengirim dua kapal angkatan laut untuk merespons ancaman Prancis yang berpotensi memblokir pulau terbesar di Selat Inggris, Pulau Jersey. Ini dilakukan di tengah meningkatnya sengketa hak penangkapan ikan yang dipicu oleh kepergian Inggris dari Uni Eropa .

Tindakan terbaru ini diambil setelah pembicaraan telepon antara Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan dua pejabat senior Kepulauan Jersey, Ketua Menteri Senator John Le Fondre dan Menteri Luar Negeri Ian Gorst.

Sebuah rilis yang dibagikan oleh Downing Street mengatakan Le Fondre dan Gorst menekankan kebutuhan mendesak untuk penurunan ketegangan dan untuk dialog antara Jersey dan Prancis tentang akses penangkapan ikan.

"Kepala negara Inggris, pada bagiannya, menggarisbawahi dukungannya yang tak tergoyahkan untuk Kepulauan Jersey. Dia mengatakan bahwa blokade apa pun akan sepenuhnya tidak dapat dibenarkan," bunyi rilis tersebut.



"Sebagai tindakan pencegahan, Inggris akan mengirimkan dua Kapal Patroli Lepas Pantai untuk memantau situasi," sambung pernyataan itu seperti dikutip dari Newsweek, Kamis (6/5/2021).

Perkembangan tersebut mengikuti protes Prancis yang meletus atas peraturan baru dan ketat yang diberlakukan pada kapal penangkap ikan dari Prancis minggu lalu sebagai akibat dari perceraian Inggris dari UE. Paris menuduh London melanggar ketentuan perjanjian mereka, dan para nelayan Prancis telah membahas prospek pemotongan pelabuhan St. Heller Jersey.

Menteri Maritim Prancis Annick Girardin juga mengusulkan kemungkinan pemutusan aliran listrik ke Pulau Jersey, yang menerima hingga 95% listriknya melalui kabel bawah air dari Prancis.

Pernyataan tersebut mendorong pemasok utama listrik di pulau itu, Jersey Electricity Company, untuk mengeluarkan tweet pada hari Rabu untuk meyakinkan penduduk.



"Mengikuti pertanyaan dari pelanggan kami mengenai sengketa penangkapan ikan di Prancis, JE dapat meyakinkan pelanggan bahwa jika pasokan listrik dari Prancis terganggu, La Collette Power Station dan Queens 'Road memiliki kapasitas untuk memasok kebutuhan listrik Jersey," tulis perusahaan itu.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)