TV Iran: Inggris Akan Bayar Utang Rp8 Triliun untuk Bebaskan Nazanin Zaghari-Ratcliffe

Senin, 03 Mei 2021 - 15:16 WIB
loading...
TV Iran: Inggris Akan Bayar Utang Rp8 Triliun untuk Bebaskan Nazanin Zaghari-Ratcliffe
Nazanin Zaghari-Ratcliffe, warga Iran-Inggris, yang menjadi tahanan di Iran. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Stasiun televisi (TV) pemerintah Iran mengeklaim pemerintah Inggris akan membayar utang sebesar £400 juta (Rp8 triliun) untuk menjamin pembebasan warganya Nazanin Zaghari-Ratcliffe.

Klaim itu disiarkan hari Minggu dengan mengutip pejabat Teheran secara anonim.



Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab enggan berkomentar tentang klaim pembayaran utang kepada Iran tersebut.

Suami Zaghari-Ratcliffe, Richard Ratcliffe, mengatakan bahwa keluarganya tidak mendengar apa-apa tentang kesepakatan untuk membebaskannya.

Kantor Luar Negeri Inggris mengakui ada diskusi hukum yang sedang berlangsung. Namun, kantor itu menolak berkomentar tentang klaim TV pemerintah Iran.

Dalam program "Andrew Marr" BBC pada hari Minggu, Raab setuju dengan arugmen bahwa Zaghari-Ratcliffe disandera oleh negara Iran.

Raab juga untuk pertama kalinya mengatakan nasib perempuan itu sekarang tidak hanya terkait dengan utang 400 juta poundsterling yang harus dibayar pemerintah Inggris kepada Iran, tetapi juga hasil pembicaraan di Wina tentang masa depan kesepakatan nuklir Iran 2015.

Ratcliffe telah lama berpendapat bahwa Kementerian Luar Negeri Inggris harus menyatakan istrinya sebagai sandera negara, dan ini adalah praktik yang dilakukan oleh Iran pada banyak warga negara ganda. Iran sejauh ini membantah tuduhan itu.

Dalam istilah praktis, bahasa yang lebih keras dari Raab mungkin tidak berarti perubahan dalam kebijakan pemerintah, tetapi ini dapat dilihat sebagai tanda bahwa Inggris akan menjadi lebih tegas jika pembicaraan di Wina gagal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2736 seconds (0.1#10.140)