Pentagon Siap Hadapi Serangan Taliban selama Penarikan Pasukan AS

loading...
Pentagon Siap Hadapi Serangan Taliban selama Penarikan Pasukan AS
Tentara Jerman Bundeswehr terlihat di kamp Afghanistan. Foto/REUTERS
WASHINGTON - Pentagon sedang mempersiapkan kemungkinan serangan Taliban terhadap Amerika Serikat (AS) dan pasukan koalisi saat mereka menarik diri dari Afghanistan .

1 Mei adalah tanggal semua pasukan AS dan asing lainnya meninggalkan Afghanistan berdasarkan kesepakatan Februari 2020 antara Taliban dan pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump.

Sebagai bagian dari perjanjian itu, Taliban menghentikan serangan terhadap pasukan AS, dan tidak ada yang terbunuh sejak saat itu.

Baca juga: YouTuber AS dan Influencer Rusia Didepak dari Bali akibat Prank Masker

Tetapi Taliban mengatakan akan menganggap Amerika Serikat melanggar perjanjian karena melewatkan tenggat waktu untuk penarikan penuh. Perwakilan Taliban tidak jelas tentang apakah mereka berniat menyerang mulai 1 Mei.

Baca juga: Cerita Ngeri Festival Yahudi Berdarah: Orang-orang Terlempar ke Udara



Keputusan Presiden AS Joe Biden untuk melanjutkan dengan penarikan namun tertunda itu menambah elemen baru risiko keamanan saat 2.500 hingga 3.500 tentara Amerika, bersama sekitar 7.000 pasukan koalisi dan ribuan kontraktor, mulai tinggalkan Afghanistan.

Baca juga: Delhi Kehabisan Tempat untuk Kremasi, Mayat-mayat Makin Menumpuk

Biden mengatakan semua pasukan akan pergi pada 11 September, tanggal serangan teroris 2001 yang mendorong AS menginvasi Afghanistan.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top