Meski Bersitegang, Pakistan Tawarkan Bantuan Hadapi Covid-19 pada India

Senin, 26 April 2021 - 02:58 WIB
loading...
Meski Bersitegang, Pakistan Tawarkan Bantuan Hadapi Covid-19 pada India
Pakistan menawarkan untuk membantu India dalam upayanya untuk membendung gelombang Covid-19 yang telah melanda negara terpadat kedua di dunia itu. Foto/REUTERS
A A A
ISLAMABAD - Pakistan menawarkan untuk membantu India dalam upaya untuk membendung gelombang Covid-19 yang telah melanda negara terpadat kedua di dunia itu. Hingga kini, India terus mencatatkan rekor infeksi harian Covid-19.

“Sebagai tanda solidaritas dengan rakyat India setelah gelombang COVID-19 saat ini, Pakistan telah menawarkan untuk memberikan dukungan bantuan ke India, termasuk ventilator, BiPAP, mesin sinar-X digital, APD dan item terkait," kata Kementerian Luar Negeri Pakistan dalam sebuah pernyataan.

Otoritas Pakistan dan India, jelas Kementerian Luar Negeri Pakistan, dapat menyusun modalitas untuk pengiriman dengan cepat barang-barang bantuan.

“Mereka juga dapat mengeksplorasi kemungkinan cara kerjasama lebih lanjut untuk mengurangi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi,” ujarnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (26/4/2021).

Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) juga berencana untuk segera mengerahkan dukungan tambahan kepada pemerintah India dan pekerja perawatan kesehatan.

“Kami sedang dalam percakapan aktif di tingkat tinggi dan berencana untuk segera mengerahkan dukungan tambahan kepada Pemerintah India dan petugas kesehatan India saat mereka memerangi wabah parah terbaru ini. Kami akan memiliki lebih banyak untuk dibagikan segera," kata Gedung Putih.

Menurut Gedung Putih, pejabat dari kedua negara terlibat di berbagai tingkatan untuk memastikan sedikit pasokan input dan komponen dari perusahaan AS untuk produksi vaksin Covid-19 di India.

“Kami percaya, penting untuk bekerja sama untuk mengidentifikasi hambatan dalam rantai pasokan medis dan solusi potensial untuk mengatasi (kemacetan) ini, dan untuk memerangi pandemi global bersama-sama dan mempercepat upaya vaksinasi yang sedang berlangsung,” tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)