India dan Pakistan Gelar Perundingan Rahasia Atasi Kebuntuan Kashmir

Kamis, 15 April 2021 - 04:04 WIB
loading...
India dan Pakistan Gelar Perundingan Rahasia Atasi Kebuntuan Kashmir
Ranger Pakistan (seragam hitam) dan Pasukan Keamanan Perbatasan India bertemu saat parade Hari Kemerdekaan Pakistan ke-72 di dekat Lahore, Pakistan, 14 Agustus 2019. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - Para perwira tinggi intelijen India dan Pakistan mengadakan perundingan rahasia di Dubai pada Januari untuk menenangkan ketegangan militer di wilayah Kashmir yang disengketakan.

Informasi itu diungkapkan orang-orang yang mengetahui masalah tersebut pada Reuters di Delhi.

Hubungan antara rival bersenjata nuklir itu telah membeku sejak pemboman bunuh diri terhadap konvoi militer India di Kashmir pada 2019.



Para pelaku pengeboman itu diduga militan yang berbasis di Pakistan yang menyebabkan India mengirim pesawat tempur ke Pakistan.



Pada 2020, Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi mencabut otonomi Kashmir yang diperintah India untuk memperketat cengkeramannya atas wilayah itu.



Langkah India memprovokasi kemarahan di Pakistan dan memicu penurunan hubungan diplomatik serta penangguhan perdagangan bilateral.

“Tetapi kedua pemerintah telah membuka kembali jalur belakang diplomasi untuk peta jalan sederhana normalisasi hubungan selama beberapa bulan ke depan,” ungkap sejumlah sumber.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)