China Kirim Lebih Banyak Jet Tempur, Taiwan Siap Berperang Sampai Akhir

Kamis, 08 April 2021 - 03:03 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan Amerika Serikat (AS) prihatin tentang risiko konflik di wilayah itu.

"Dari pemahaman saya yang terbatas tentang pembuat keputusan Amerika yang mengamati perkembangan di kawasan ini, mereka jelas melihat bahaya kemungkinan China melancarkan serangan terhadap Taiwan," papar dia kepada wartawan di kementeriannya.

“Kami siap membela diri tanpa ada pertanyaan dan kami akan berperang jika kami perlu berperang. Dan jika kami perlu mempertahankan diri kami sendiri sampai hari terakhir kami akan membela diri kami sendiri sampai hari terakhir," tegas dia.

Kantor Urusan Taiwan China dan Departemen Luar Negeri AS tidak menanggapi permintaan komentar atas pernyataan Wu.

China mengatakan aktivitasnya di sekitar Taiwan bertujuan melindungi kedaulatan China.

Amerika Serikat telah menyatakan keprihatinannya tentang aktivitas China, dan mengatakan komitmen Washington ke Taiwan sangat kuat.

Dengan aksi militer yang ditingkatkan di dekat Taiwan, Angkatan Laut AS mengatakan kapal perusak berpeluru kendali USS John S McCain melakukan transit "rutin" di Selat Taiwan pada Rabu.

Baik Taiwan maupun China tidak mengatakan dengan tepat di mana grup kapal induk China itu berada, atau apakah mereka sedang menuju Laut China Selatan yang disengketakan, tempat grup kapal induk AS saat ini beroperasi.

Berbicara di parlemen, Wakil Menteri Pertahanan Taiwan Chang Che-ping mengatakan pergerakan kapal induk China itu diikuti dengan cermat, dan menggambarkan latihannya sebagai rutinitas.

Seseorang yang mengetahui rencana keamanan Taiwan mengatakan kelompok kapal induk tersebut masih "dekat pulau-pulau Jepang". Sumber itu menolak mengungkapkan lokasi tepatnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)