Iran Produksi 55 Kg Uranium yang Diperkaya 20% Sejak Januari

Kamis, 08 April 2021 - 02:02 WIB
loading...
A A A
“Tingkat produksi Iran sudah hingga 40% lebih cepat dari itu,” ungkap juru bicara Organisasi Energi Atom Iran Behrouz Kamalvandi.

"Dalam waktu kurang dari empat bulan kami telah memproduksi 55 kg uranium yang diperkaya 20% dalam waktu sekitar delapan bulan kami bisa mencapai 120 kg," ujar Kamalvandi kepada TV pemerintah.

Uranium dianggap diperkaya sangat tinggi pada level 20%. Memperkaya hingga 20% adalah langkah besar untuk pengayaan uranium tingkat senjata.

Laporan triwulanan tentang aktivitas nuklir Iran oleh pengawas nuklir PBB pada Februari mengatakan pada 16 Februari, Iran telah memproduksi 17,6 kg uranium yang diperkaya hingga 20%, dengan tingkat berikutnya diperkaya antara 2% -5%.

Seorang diplomat senior mengatakan saat itu bahwa Iran memproduksi uranium yang diperkaya hingga 20% dengan kecepatan 15 kg per bulan.

Sebagai bagian dari percepatan pelanggaran perjanjian nuklir baru-baru ini, pada Januari Iran mulai memperkaya uranium hingga 20% di Fordow.

Fordow adalah fasilitas pengayaan uranium bawah tanah yang dibangun secara rahasia di dalam gunung yang mungkin untuk menahan setiap pemboman udara.

Berdasarkan kesepakatan nuklir, Teheran sama sekali tidak diizinkan untuk memperkaya uranium di Fordow.

Hingga Januari, Iran belum memperkaya lebih dari kemurnian 4,5% atau di atas batas kesepakatan 3,67% tetapi masih jauh di bawah 20% yang dicapai Iran sebelum kesepakatan, atau 90% yang merupakan tingkat senjata nuklir.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)