Masih Misteri, Obyek Pengganggu Kapal Perang AS di California

Rabu, 07 April 2021 - 15:41 WIB
loading...
A A A
“Jika mereka adalah bagian dari semacam tindakan rahasia, masih belum jelas mengapa mereka diterbangkan begitu terbuka dan begitu sering dengan cara yang hampir melecehkan. Lebih meresahkan lagi, jika ada aktor negara asing yang terlibat, dari mana tepatnya drone itu diluncurkan?” outlet tersebut menambahkan.



Pentagon diperkirakan akan memberikan penjelasan singkat kepada Kongres tentang "Fenomena Udara Tak Teridentifikasi" pada akhir tahun ini.

Laporan tentang insiden pada Juli 2019 itu mengikuti sejumlah besar laporan sebelumnya tentang kejadian yang terjadi antara 2014 dan 2019 tentang penggunaan drone untuk memata-matai sekitar dua lusin fasilitas tenaga nuklir AS. Dalam satu insiden yang terjadi pada malam hari pada 29 dan 30 September 2019, antara empat dan enam drone tak teridentifikasi terbang di atas Stasiun Pembangkit Listrik Palo Verde di Arizona. Itu adalah pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Amerika, dengan keamanan pabrik terbukti tidak dapat menghentikan mereka dan pihak berwenang bingung siapa yang mengoperasikannya atau mengapa.

Hanya segelintir negara di dunia yang memiliki kemampuan drone utama, di antaranya Amerika Serikat dengan rangkaian mata-mata Predator dan Reaper dan UAV strike, Israel, Turki, Iran, dan China.

Perang drone telah menjadi elemen utama dari operasi militer modern, dengan milisi Houthi Yaman untuk sementara waktu melumpuhkan setengah dari produksi minyak Arab Saudi pada September 2019 melalui dua serangan drone massal, dan AS melakukan serangan pembunuhan menggunakan drone di Timur Tengah selama hampir dua dekade.

Sedangkan pesawat tak berawak Turki dan Israel yang digunakan Azerbaijan selama perang tahun lalu di Nagorno-Karabakh dianggap telah memberikan keunggulan bagi pihak Azerbaijan atas pertahanan Armenia.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)