Rilis Video, Houthi Klaim Tembak Drone Canggih MQ-9 Reaper AS

loading...
Rilis Video, Houthi Klaim Tembak Drone Canggih MQ-9 Reaper AS
Kelompok Houthi Yaman klaim tembak jatuh drone canggih MQ-9 Reaper Amerika Serikat. Foto/Screenshot video akun Twitter @noitsmyturn
SANAA - Kelompok Houthi di Yaman merilis rekaman yang mereka klaim menggambarkan rudal anti-udara mereka menembak jatuh drone canggih MQ-9 Reaper Amerika Serikat (AS).

Video dirilis hari Rabu, sehari setelah kelompok itu mengumumkan apa yang mereka banggakan sebagai prestasi tersebut.

Baca juga: OPM Bakal Dinyatakan Teroris, Benny Wenda: Indonesia yang Teroris

Pada hari Selasa, juru bicara militer Houthi, Brigadir Jenderal Jenderal Yahya Sare'e mengumumkan bahwa sistem pertahanan udara telah menyerang drone MQ-9 Amerika dengan rudal yang merek dan modelnya dirahasiakan. Pengumuman itu dilansir kantor berita Al-Masirah.

Menurut Sare'e, drone itu beroperasi di Provinsi Mar'ib dan telah menyerang pasukan Houthi di beberapa distrik provinsi.



Pada hari Rabu, video yang diklaim Houthi sebagai penembakan terhadap drone MQ-9 Reaper telah di-posting oleh akun @no_itsmyturn yang populer di Twitter, sebagaimana dikutip Sputniknews, Kamis (25/3/2021).

Dalam video itu terlihat saat-saat sebelum rudal menyerang, kendaraan udara tak berawak itu menyebarkan semacam proyektil yang tampak seperti rudal, tetapi bisa juga menjadi suar pertahanan.

Baca juga: Blunder, Jet Tempur Siluman F-35 AS Terkena Pelurunya Sendiri

Kendati demikian, klaim Houthi belum tentu akurat karena drone General Atomics RQ-9 Reaper sangat mirip dengan China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) CH-4. Bedanya, CH-4 tidak memiliki sirip perut di bawah ekor berbentuk V, dan video yang dirilis Houthi terlihat samar dan berbintik.

Sekadar diketahui, China menjual dua CH-4 kepada Arab Saudi pada 2014 setelah AS menolak mengekspor drone MQ-9 Reaper. Pada 2017. Riyadh dan Beijing menandatangani kesepakatan untuk membangun pabrik drone di kerajaan tersebut.
(min)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top