7 Negara yang Menggelar Aksi Pro-Palestina

Senin, 06 Mei 2024 - 21:21 WIB
loading...
7 Negara yang Menggelar Aksi Pro-Palestina
Banyak mahasiswa menggelar aksi di berbagai negara. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Para mahasiswa telah mendirikan perkemahan atau mengadakan demonstrasi di puluhan sekolah di seluruh Amerika dalam beberapa pekan terakhir untuk mendukung warga Palestina di Gaza dan menuntut divestasi kampus mereka dari perusahaan-perusahaan yang terkait dengan Israel. Aksi itu juga merembet ke banyak negara di Eropa dan Asia.

Kementerian Kesehatan di Gaza mengatakan setidaknya 34.596 orang terbunuh di wilayah Palestina oleh pasukan Israel selama hampir tujuh bulan perang, dengan protes mahasiswa di seluruh Amerika yang menuntut diakhirinya pertumpahan darah.

Perkemahan mahasiswa pro-Gaza di Universitas Columbia di New York telah menjadi katalisator protes lainnya di kampus-kampus di seluruh negeri. Baru-baru ini, protes juga terjadi di universitas-universitas di luar Amerika, termasuk di Inggris.

7 Negara yang Menggelar Aksi Pro-Palestina

1. Prancis

7 Negara yang Menggelar Aksi Pro-Palestina

Foto/AP

Mahasiswa di Sciences Po telah melancarkan sejumlah protes atas perang Gaza dan krisis kemanusiaan yang terjadi di wilayah Palestina yang terkepung.

Ada ancaman untuk menghentikan sementara pendanaan untuk Sciences Po karena Valerie Pecresse, pemimpin sayap kanan wilayah Paris Ile-de-France, menuduh demonstrasi tersebut terdiri dari "minoritas orang-orang radikal yang menyerukan kebencian anti-Semit".

Namun, Menteri Pendidikan Tinggi Sylvie Retailleau kemudian mengatakan pemerintah Prancis tidak berencana menangguhkan pendanaan untuk Sciences Po, dan menambahkan "tidak ada pernyataan anti-Semit" dan tidak ada kekerasan yang dilakukan selama demonstrasi.

Universitas bergengsi Perancis itu dijadwalkan menjadi tuan rumah debat balai kota pada hari Kamis dalam upaya meredakan ketegangan, menyusul negosiasi antara pejabat universitas dan mahasiswa.

Para pengunjuk rasa yang marah atas perang Gaza juga turun ke Universitas Sorbonne di Paris, yang menyebabkan universitas tersebut menutup gedungnya pada hari itu.


2. Inggris

7 Negara yang Menggelar Aksi Pro-Palestina

Foto/AP

Aktivis mahasiswa pro-Palestina telah berdemonstrasi di universitas-universitas di sejumlah kota di Inggris untuk menentang perang di Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)