Mesir Ancam Israel Jika Gelar Invasi Darat ke Rafah

Senin, 06 Mei 2024 - 22:27 WIB
loading...
Mesir Ancam Israel Jika Gelar Invasi Darat ke Rafah
Tentara Israel segera menginvasi Rafah. Foto/AP
A A A
GAZA - Mesir memperingatkan Israel terhadap rencana invasi darat ke Rafah. Ancaman itu menunjukkan keseriusan Mesir dalam menyikapi perkembangan terbaru.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Mesir mengatakan bahwa pihaknya meminta Israel untuk menerapkan “pengendalian diri tingkat tertinggi” dan menghindari eskalasi lebih lanjut pada “waktu yang sangat sensitif ini”, dengan negosiasi untuk gencatan senjata dan pembebasan tawanan yang sedang berlangsung.

Melansir Al Jazeera, pernyataan Mesir mengatakan bahwa serangan Israel terhadap Rafah akan menciptakan “bahaya kemanusiaan yang ekstrim yang mengancam lebih dari satu juta warga Palestina di wilayah tersebut”.

Mesir menambahkan bahwa pihaknya terus melakukan kontak sepanjang waktu dengan semua pihak dalam upaya untuk menemukan solusi.

Sementara itu, Amerika Serikat masih khawatir bahwa hal ini akan terus berlanjut sementara ada kemungkinan perundingan mengenai gencatan senjata. Namun di Washington ada juga dugaan bahwa Israel mungkin akan meneruskan rencana ini untuk memaksa Hamas ke meja perundingan dan menyetujui persyaratan Israel.

Pembicaraan tersebut terjadi di tengah-tengah apa yang PM Israel Benjamin Netanyahu katakan dalam pidatonya kepada rakyat Israel pada akhir pekan – bahwa Anda “tidak dapat mempercayai janji-janji orang bukan Yahudi [non-Yahudi]”. Hal ini telah membuat marah banyak orang di Washington, salah satunya karena dukungan yang diberikan Presiden Joe Biden kepada Israel, dan dukungan yang dia berikan kepada mereka secara militer.



AS telah mengatakan selama beberapa bulan bahwa Israel harus berhati-hati dalam melancarkan perang di Gaza, dan harus mempertimbangkan aspek kemanusiaan. Dan kita telah mendengar bahwa, di balik layar, AS memberikan tekanan pada Israel untuk mengurangi korban sipil. Namun kami belum melihat apa pun di lapangan yang dapat dilihat dengan jelas oleh pengamat independen.

Kemudian, Sally Abi-Khalil, direktur regional Oxfam untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, mengatakan bahwa setiap klaim yang dibuat oleh Israel bahwa warga sipil dapat dievakuasi dengan aman “telah kehilangan kredibilitas” menyusul lebih dari enam bulan serangan terhadap warga sipil dan pekerja bantuan di tempat yang disebut “aman.” zona”.

“Sungguh tidak masuk akal jika sebuah pemerintahan dibiarkan mengabaikan semua peringatan akan kerugian kemanusiaan yang sangat besar dengan impunitas penuh, dan dengan tanpa perasaan terus melakukan tindakan yang mengabaikan nyawa manusia, hukum internasional, dan keputusan ICJ untuk mencegah genosida,” kata Abi-Khalid dalam sebuah pernyataan. sebuah pernyataan, menambahkan bahwa invasi darat Israel di Rafah “tidak boleh dibiarkan terjadi”.

“Ketakutan di Rafah sangat nyata, karena orang-orang yang telah berkali-kali terpaksa mengungsi ke Gaza, kini harus pindah lagi,” kata Abi-Khalid.

“Negara-negara kuat harus bertindak sebelum terjadi lebih banyak kekejaman dan mendesak lebih keras lagi untuk segera melakukan gencatan senjata permanen guna mengakhiri kematian dan kehancuran, memungkinkan lebih banyak bantuan masuk ke Gaza dan memungkinkan pembebasan para sandera," imbuh Abi-Khalid.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0802 seconds (0.1#10.140)