Flu Spanyol Bunuh 50 Juta Jiwa pada 1918, Jangan Terulang pada Covid-19

Sabtu, 18 April 2020 - 22:04 WIB
loading...
Flu Spanyol Bunuh 50 Juta Jiwa pada 1918, Jangan Terulang pada Covid-19
Para pasien flu Spanyol berada di barak rumah sakit Colorado Agricultural College, Colorado, AS, pada 1918. Foto/CNN
A A A
WASHINGTON - Wabah flu Spanyol pernah menewaskan lebih dari 50 juta orang di penjuru dunia. Di Amerika Serikat (AS) saja, wabah itu menewaskan 675.000 orang.

Kecepatan penyebaran wabah flu Spanyol hampir mirip dengan virus corona (Covid-19) sekarang. Berbagai negara pun berupaya agar kejadian kelam pandemi flu Spanyol tak terulang pada virus corona.

"Intensitas dan kecepatan flu spanyol hampir tak dapat dibayangkan. Menginfeksi sepertiga populasi di Bumi," papar pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Flu Spanyol Bunuh 50 Juta Jiwa pada 1918, Jangan Terulang pada Covid-19

Pandemi pada 1918 itu disebut flu Spanyol meski virus itu tak berasal dari Spanyol.

Beberapa pelajaran berharga diambil dari pandemi 1918 itu dan dapat diterapkan untuk membantu mencegah penyebaran virus corona.

Pelajaran terpenting adalah jangan mencabut kebijakan social distancing terlalu cepat. “Selama pandemi flu Spanyol, orang menghentikan social distancing terlalu dini, sehingga memicu gelombang kedua infeksi yang lebih mematikan dibandingkan yang pertama,” papar para pakar epidemiologis.

Faktanya, satu acara besar pada akhir gelombang pertama pandemi 1918 memicu munculnya gelombang kedua yang lebih mematikan.
Flu Spanyol Bunuh 50 Juta Jiwa pada 1918, Jangan Terulang pada Covid-19

Pelajaran selanjutnya, orang dewasa dan muda yang sehat dapat menjadi korban. “Pandemi 1918 membunuh banyak pemuda yang sehat,” ungkap M Barry, professor di Universitas Tulane.

Sekitar dua per tiga kematian adalah pemuda berumur 18 hingga 50 tahun. “Korban meninggal terbanyak berusia 28 tahun,” kata Barry.

Pelajaran selanjutnya, jangan menggunakan obat yang belum terbukti khasiatnya untuk melawan virus itu. Saat pandemi flu Spanyol dan virus corona, ada dua tantangan utama yakni belum ada vaksin dan perawatan yang tepat secara ilmiah.

Pada 1918, sejumlah obat baru dikembangkan, hingga berbagai jenis minyak dan herbal. Pada 2020, ada spekulasi tentang khasiat hydroxychloroquine untuk merawat pasien virus corona.

Studi terbaru menemukan hydroxychloroquine tidak membantu pasien virus corona di rumah sakit, justru beberapa pasien mengalami detak jantung tidak normal.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)