Terusan Suez Tersumbat, Mesir Minta Ganti Rugi USD1 Miliar

Jum'at, 02 April 2021 - 03:25 WIB
loading...
Terusan Suez Tersumbat, Mesir Minta Ganti Rugi USD1 Miliar
Pemerintah Mesir berusaha untuk mendapatkan kompensasi USD1 miliar akibat penyumbatan Terusan Suez yang disebabkan kandasnya kapal kargo raksasa Ever Given. Foto/Middle East Eye
A A A
KAIRO - Badan pengelola Terusan Suez mengatakan Mesir harus menerima lebih dari USD1 miliar sebagai kompensasi dari perusahaan pemilik kapal yang menyumbat jalur air itu.

Kapal kontainer raksasa Ever Given akhirnya berhasil dibebaskan dari Terusan Suez, membuka blokade arteri vital yang telah ditutup untuk pengiriman internasional selama enam hari.



Kapal Ever Given sepanjang 400 meter menjadi berita utama internasional pada 23 Maret setelah macet secara diagonal di bagian selatan Terusan Suez akibat angin kencang, menghentikan lalu lintas di rute pengiriman terpendek antara Eropa dan Asia.



Jalur air itu adalah jalur kehidupan ekonomi penting bagi Mesir, yang mengalirkan sumber daya untuk membuka blokir kapal.

Kepala Otoritas Terusan Suez (SCA), Osama Rabie mengatakan, dia memperkirakan kompensasi yang kemungkinan akan diterima Mesir dari perusahaan yang memiliki Ever Given akan mencapai lebih dari USD1 miliar.

Kepala SCA mengatakan bahwa kompensasi akan dibahas setelah penyelidikan kecelakaan selesai.

"Ini adalah hak negara, Insya Allah, kami akan mencapai satu miliar dan sedikit lebih (sebagai kompensasi)," kata Rabie dalam wawancara dengan saluran Sada Al Balad seperti dikutip dari Middle East Eye, Jumat (2/4/2021).

Rabei menunjukkan bahwa kerusakan termasuk penghentian lalu lintas navigasi di Terusan Suez, yang menghasilkan pendapatan harian bagi Mesir yang diperkirakan mencapai USD14 juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)