Penyakit Mengerikan Pemakan Daging Manusia Muncul di Tepi Pantai Australia

Kamis, 01 April 2021 - 00:00 WIB
loading...
Penyakit Mengerikan Pemakan Daging Manusia Muncul di Tepi Pantai Australia
Rob Courtney, 80 pasien ulkus Buruli di Semenanjung Mornington, tepi pantai Australia. Ulkus Buruli merupakan penyakit yang disebabkan bakteri pemakan daging manusia. Foto/Christina Simons/New York Times
A A A
SEMENANJUNG MORNINGTON - Sebuah penyakit mengerikan yang memakan daging manusia muncul di Semenanjung Mornington, kawasan tepi pantai Australia . Kulit kaki kanansalah satu pasien terbelah dan lukanya mengalir.

Penyakit ini dikenal sebagai ulkus Buruli. Ilmuwan percaya bahwa ulkus Buruli berpindah dari hewan ke manusia, seperti virus corona.



Salah satu pasien dari penyakit tersebut adalah Rob Courtney, 80. Dia mengatakan kulit kakinya pada mulanya tampak seperti terbakar sinar matahari. Namun setelah beberapa hari, warnanya menjadi kemerahan dan peradangan semakin parah. Selanjutnya, kulit di kaki kanannya terbelah, lukanya mengalir. Dokternya langsung mengirimnya ke ruang gawat darurat.

Diagnosis yang mengerikan pun muncul bahwa Courtney terinfeksi spesies bakteri pemakan daging.

Dalam beberapa tahun terakhir, kasus ulkus Buruli telah meledak di daerah pantai tempat Courtney tinggal di tenggara Australia. Seperti yang akan dia pelajari, itu adalah penyusup yang menakutkan.

Bakteri itu membuat kakinya berkarat dan gangren. Itu memakan cangkok kulit. Akhirnya, dokter meresepkan antibiotik kuat yang sama yang digunakan untuk mengobati kusta dan tuberkulosis. Obat-obatan itu membuatnya merasa mual dan lelah, serta membuat keringat dan air matanya menjadi oranye. Dia menghabiskan hampir 50 hari di rumah sakit.

“Ini merupakan sebuah perjalanan,” kata Courtney baru-baru ini saat dia berbaring di meja pemeriksaan di klinik lokal, di mana dia telah mengalami pembalutan luka setiap hari selama beberapa minggu.

Ulkus Buruli telah dilaporkan di 33 negara, terutama di Afrika, di mana kurangnya akses ke perawatan kesehatan dapat menyebabkan kasus berlangsung selama berbulan-bulan, terkadang mengakibatkan kerusakan dan kecacatan.

Di Australia, di mana kasus ulkus telah tercatat sejak tahun 1940-an, peningkatan infeksi baru-baru ini telah membawa perhatian baru pada penyakit yang terabaikan. Hal itu, seiring dengan meningkatnya minat global pada penyakit menular, telah meningkatkan harapan bahwa para ilmuwan akhirnya memiliki sumber daya untuk memecahkan kodenya.

Wilayah yang terpukul paling parah di Australia adalah Semenanjung Mornington, di negara bagian Victoria. Lebih dari 180 kasus per tahun telah dilaporkan di negara bagian itu sejak 2016, memuncak pada 2018 yakni 340 kasus. Pada Februari, penyakit ini merayap lebih jauh ke pinggiran kota Melbourne, sebuah kota berpenduduk 5 juta orang.

Tidak ada yang tahu persis bagaimana infeksi penyakit ini menyebar atau mengapa itu menyebar di Semenanjung Mornington, wilayah makmur yang berjarak kurang dari 50 mil dari Melbourne di mana kafe berjejer di jalan raya yang rindang dan ribuan turis berkunjung setiap tahun.

Para ilmuwan berpikir bahwa ulkus Buruli—dan hingga 75% penyakit yang muncul, termasuk virus corona—bersifat zoonosis, yang berarti ia berpindah dari hewan ke manusia. Mereka mengatakan penyakit zoonosis menjadi lebih umum sebagian karena perambahan manusia di lingkungan liar.

Mengenai lonjakan kasus di Victoria, teori terkemuka adalah bahwa posum, hewan berkantung asli Australia, membawa bakteri, yang kemudian ditularkan ke manusia oleh nyamuk yang bersentuhan dengan kotoran hewan tersebut.

"Bakteri tersebut telah lama ada, tetapi apa yang kami lakukan tersandung ke dalamnya dan mungkin membantunya memperkuat dan menimbulkan korban tanpa disadari," kata Dr Paul Johnson, seorang dokter dan profesor penyakit menular di Austin Health di Melbourne.

"Kami telah menyediakan situasi yang dapat berkembang dengan cepat dan menyebabkan penyakit pada manusia.”

Dalam beberapa tahun terakhir, karena perhatian terhadap penyakit tersebut telah meningkatkan dana untuk penelitian, Johnson dan yang lainnya telah mencoba untuk mencari tahu bagaimana tepatnya ulkus Buruli ditularkan. Untuk menguji teori mereka, para ilmuwan bekerja untuk mengurangi jumlah nyamuk di Semenanjung Mornington untuk melihat apakah kasus ulkus Buruli juga turun.

Pada hari Sabtu di akhir Februari, Johnson dan Tim Stinear, seorang profesor mikrobiologi di Institut Doherty di Universitas Melbourne, memimpin tim yang terdiri lebih dari selusin peneliti—mengenakan rompi kuning bertuliskan "Beating Buruli in Victoria”—saat mereka mengatur perangkap nyamuk di pinggiran kota Semenanjung Mornington.

Baca juga: Bakal Latihan Bersama Jepang di Laut China Selatan, Tanda RI Menjauh dari China?

Para peneliti juga sedang berburu kotoran kuskus, yang menurut mereka telah memberi mereka peta penting dari titik panas tempat bakteri berada. "Begitu Anda mulai mencari barang-barang ini, Anda akan melihatnya di mana-mana," kata Stinear sambil berlutut di jalan masuk, menggunakan tongkat untuk memasukkan kotoran ke dalam kantong sandwich. "Karena itu ada dimana-mana," ujarnya, seperti dikutip New York Times, Rabu (31/3/2021).

Bagi mereka yang terkena ulkus Buruli, perjalanannya bisa melelahkan, menyebabkan penyakit parah dan terkadang bahkan amputasi dan kematian pada pasien yang lebih tua dan rentan. Luka tersebut membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk sembuh, membuat pasien terluka secara fisik dan psikologis.

“Ini penyakit yang sangat berat untuk dihadapi,” kata Dr Daniel O’Brien, spesialis penyakit menular yang berbasis di Geelong, 50 mil barat daya Melbourne. “Ini menjadi sangat membingungkan bagi orang-orang di komunitas.”

Pada hari Jumat di awal bulan Maret, O'Brien, yang mengenakan masker dan berkacamata, merawat Courtney dan lebih dari selusin pasien lainnya di sebuah klinik di Sorrento di Semenanjung Mornington. Ketika O'Brien mulai bepergian ke sana sekitar satu dekade yang lalu, dia menemui beberapa pasien setiap minggu. Sekarang dia melihat hingga 50 pasien.

Dia telah merawat lebih dari seribu pasien, baik di Australia maupun di luar negeri, untuk penyakit tersebut. Banyak dari mereka di Australia lebih tua, tetapi yang lain adalah guru muda, buruh, dan bahkan anak-anak.

Dalam kasus Courtney, ulkus telah merusak bagian atas kakinya sebelum dokter dapat memberikan diagnosis. Para dokter telah melakukan operasi untuk mengangkat jaringan nekrotik seperti beton. “Kecuali jika Anda menyingkirkan daging mati itu, kulit tidak akan pernah sembuh,” kata Dr Adrian Murrie, seorang dokter di klinik yang telah merawat Courtney.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)