Tak Aktif 900 Tahun, Gunung Berapi Islandia Meletus Terangi Ibu Kota

Sabtu, 20 Maret 2021 - 11:58 WIB
loading...
A A A


Polisi memerintahkan penduduk yang tinggal di sebelah timur gunung berapi untuk menutup jendela mereka dan tinggal di dalam rumah karena risiko kemungkinan polusi gas yang terbawa angin.

Emisi gas—terutama sulfur dioksida—dapat meningkat di sekitar letusan gunung berapi, dan dapat membahayakan kesehatan dan bahkan berakibat fatal.

Polusi bisa melebihi batas yang dapat diterima, bahkan jauh sekali, tergantung angin.

Letusan hari Jumat terjadi di sistem vulkanik Krysuvik, yang tidak memiliki pusat gunung berapi.

Letusan di wilayah tersebut dikenal sebagai letusan efusif, di mana lava mengalir dengan mantap dari tanah, berlawanan dengan letusan eksplosif yang memuntahkan awan abu tinggi ke langit.

Menurut IMO, sistem Krysuvik tidak aktif selama 900 tahun terakhir. Letusan terakhir di Semenanjung Reykjanes terjadi hampir 800 tahun hingga 1240.

Tetapi wilayah itu telah di bawah pengawasan yang meningkat selama beberapa minggu setelah gempa magnitudo 5,7 dicatat pada 24 Februari di dekat Gunung Keilir di pinggiran Reykjavik.

Gempa tersebut diikuti oleh sejumlah kecil getaran yang tidak biasa—lebih dari 50.000, jumlah tertinggi sejak perekaman digital dimulai pada tahun 1991.

Aktivitas seismik telah berpindah beberapa kilometer ke barat daya sejak gempa, terkonsentrasi di sekitar Gunung Fagradalsfjall, tempat magma terdeteksi hanya satu kilometer di bawah permukaan bumi dalam beberapa hari terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)