Soal Invasi, Menhan Taiwan: Berapa Lama China Ingin Bertempur?

Jum'at, 19 Maret 2021 - 01:13 WIB
loading...
Soal Invasi, Menhan Taiwan: Berapa Lama China Ingin Bertempur?
Tentara Taiwan melakukan latihan konfrontasi tempur antipesawat. Foto/New York Times
A A A
TAIPEI - Menteri Pertahanan Taiwan , Chiu Kuo-cheng, mengatakan bahwa bertahan melawan invasi adalah masalah kemauan keras. Ia juga menegaskan bahwa angkatan bersenjata pulau itu akan melawan pasukan China "selama mereka ingin bertempur."

Hal itu diungkapkan Chiu Kuo-cheng dalam sidang parlemen di mana beberapa pejabat bertanya tentang pernyataan yang dibuat oleh Laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) Philip Davidson.

Davidson, yang menjabat sebagai komandan Komando Indo-Pasifik AS, mengatakan bahwa China dapat bergerak untuk menyerang Taiwan yang berpemerintahan sendiri dalam enam tahun ke depan.



Dalam kesempatan itu, Chiu menyebut penilaian Davidson "masuk akal."

"Evaluasinya mengatakan enam tahun, tetapi kekhawatiran saya termasuk enam jam," ia menambahkan.

"Kami akan melihat semua referensi asing tetapi tidak dapat menganggapnya sebagai fakta," ujarnya seperti dikutip dari Newsweek, Jumat (19/3/2021).

Dia mengatakan pihaknya sedang melakukan penilaian berkelanjutan terhadap kemampuan dan penempatan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China.

"Serangan mungkin setiap saat," ujarnya.

"Menurut penilaian saya, kita tidak dapat menetapkan batas waktu untuk serangan pada enam bulan atau enam tahun. Tujuan saya adalah siap setiap saat," cetusnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)