Polisi Rusia Gerebek Forum Oposisi, Ratusan Orang Ditangkap

Minggu, 14 Maret 2021 - 11:10 WIB
loading...
A A A
Undang-undang sebelumnya mewajibkan organisasi non-pemerintah yang menerima dana asing dan terlibat dalam aktivitas yang secara bebas digambarkan sebagai politik untuk mendaftar sebagai "agen asing".



Undang-undang tersebut telah banyak dikritik sebagai bagian dari upaya Kremlin untuk membungkam perbedaan pendapat, tetapi pihak berwenang Rusia menggambarkannya sebagai respons yang sesuai atas dugaan upaya Barat untuk merusak negara.

Tindakan keras polisi pada forum hari Sabtu menyusul penangkapan dan pemenjaraan pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny.

Musuh politik Presiden Rusia Vladimir Putin yang paling gigih itu ditangkap pada 17 Januari setelah kembali dari Jerman, di mana ia menghabiskan lima bulan untuk memulihkan diri dari keracunan zat saraf yang ia salahkan kepada Kremlin. Otoritas Rusia telah menolak tuduhan tersebut.



Bulan lalu, Navalny dijatuhi hukuman 2,5 tahun penjara karena melanggar ketentuan masa percobaannya saat menjalani pemulihan di Jerman - tuduhan yang ia anggap sebagai balas dendam Kremlin. Penangkapan dan pemenjaraannya memicu gelombang protes di seluruh Rusia, yang ditanggapi oleh pihak berwenang dengan tindakan keras besar-besaran.

Pemerintah Rusia telah meningkatkan tindakan kerasnya terhadap oposisi menjelang pemilihan parlemen yang ditetapkan pada September karena popularitas partai utama yang didukung Kremlin, Rusia Bersatu, telah menyusut.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2252 seconds (0.1#10.140)