Rusia Usir Diplomat Barat, Dituding Ikut Aksi Dukung Navalny

Sabtu, 06 Februari 2021 - 00:52 WIB
loading...
Rusia Usir Diplomat Barat, Dituding Ikut Aksi Dukung Navalny
Rusia mengusir diplomat dari tiga negara Eropa, menuduhnya ikut dalam aksi mendukung Alexei Navalny. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia telah mengusir diplomat dari Swedia , Polandia dan Jerman , menuduhnya mereka telah menghadiri aksi demonstrasi mendukung pemimpin oposisi Alexei Navalny .

Kementerian Luar Negeri Rusia menuduh diplomat Swedia dan Polandia di St. Petersburg dan seorang diplomat Jerman di Moskow ambil bagian dalam apa yang disebut demonstrasi "tidak sah" pada 23 Januari lalu. Saat itu puluhan ribu orang di seluruh Rusia turun ke jalan untuk memprotes penangkapan Navalny.

"Para diplomat itu dinyatakan sebagai persona non grata dan diminta untuk meninggalkan Rusia segera," bunyi sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia seperti dilansir dari AP, Sabtu (6/2/2021).



Pejabat Eropa segera mengecam langkah tersebut.

"Swedia menganggap ini sepenuhnya tidak dapat dibenarkan, yang juga telah kami sampaikan ke pihak Rusia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Swedia Mats Samuelsson dalam sebuah pernyataan kepada AP.

Ia mengatakan Stockholm dengan tegas menolak klaim Rusia bahwa diplomat itu ikut serta dalam demonstrasi di Rusia dan berhak untuk mengambil tindakan yang tepat sebagai tanggapan.



Kecaman juga datang dari Kanselir Jerman Angela Merkel.

"Kami menganggap pengusiran ini tidak dapat dibenarkan dan berpikir itu adalah aspek lain dari hal-hal yang dapat dilihat di Rusia saat ini yang cukup jauh dari aturan hukum," kata Merkel di Berlin setelah konferensi video dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)