Polisi Rusia Gerebek Forum Oposisi, Ratusan Orang Ditangkap

Minggu, 14 Maret 2021 - 11:10 WIB
loading...
Polisi Rusia Gerebek Forum Oposisi, Ratusan Orang Ditangkap
Polisi Rusia tangkap ratusan orang saat menutup forum oposisi di Moskow. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Polisi Rusia menahan sekitar 200 orang yang berpartisipasi dalam forum anggota independen dewan kota di Moskow. Tindakan ini dilakukan di tengah tindakan keras multi-cabang terhadap perbedaan pendapat oleh otoritas Rusia.

Polisi muncul di pertemuan itu tidak lama setelah dibuka di sebuah hotel Moskow, mengatakan semua yang hadir akan ditahan karena mengambil bagian dalam acara yang diselenggarakan oleh organisasi yang "tidak diinginkan". Seorang petugas polisi yang memimpin penggerebekan mengatakan orang-orang yang ditahan akan dibawa ke kantor polisi dan dituduh melakukan pelanggaran administratif.

Polisi Moskow mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka bergerak untuk menghentikan pertemuan karena melanggar pembatasan virus Corona karena banyak peserta yang tidak memakai masker. Mereka mengatakan sekitar 200 peserta ditahan, beberapa dari mereka diduga anggota organisasi yang "tidak diinginkan".



OVD-Info, sebuah kelompok independen yang memantau penangkapan dan penindasan politik, memposting daftar lebih dari 180 orang yang ditahan. Mereka termasuk Ilya Yashin, seorang politisi oposisi yang memimpin salah satu distrik Moskow; mantan walikota Yekaterinburg Yevgeny Roizman; dan anggota dewan kota Moskow Yulia Galyamina.

Polisi mulai melepaskan para tahanan setelah menyerahkan panggilan pengadilan kepada mereka karena berpartisipasi dalam kegiatan organisasi yang "tidak diinginkan", yang merupakan pelanggaran yang dapat dihukum denda. Tidak jelas berapa banyak yang tetap ditahan polisi pada Sabtu malam.

"Tujuan mereka adalah untuk menakut-nakuti orang agar tidak terlibat dalam politik," kata Andrei Pivovarov, seorang politisi yang membantu mengatur forum tersebut, dalam sebuah video yang direkam saat dia berada di dalam mobil polisi seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, Minggu (14/3/2021).



Pivovarov telah memainkan peran utama dalam Open Russia, sebuah kelompok yang didanai oleh taipan Rusia yang diasingkan, Mikhail Khodorkovsky. Khodorkovsky pindah ke London setelah menghabiskan 10 tahun penjara di Rusia atas tuduhan yang secara luas dipandang sebagai balas dendam politik karena menantang pemerintahan Presiden Vladimir Putin.

Undang-undang tahun 2015 memperkenalkan hukuman pidana untuk keanggotaan dalam organisasi yang "tidak diinginkan". Pemerintah telah menggunakan undang-undang tersebut untuk melarang sekitar 30 kelompok, termasuk Rusia Terbuka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)