10 Tahun Konflik Suriah: Demo Berubah Jadi Perang hingga Assad Gagal Tumbang

Sabtu, 13 Maret 2021 - 01:46 WIB
loading...
10 Tahun Konflik Suriah: Demo Berubah Jadi Perang hingga Assad Gagal Tumbang
Presiden Republik Arab Suriah Bashar al-Assad. Foto/REUTERS
A A A
DAMASKUS - Sepuluh tahun dalam konflik Suriah , Presiden Bashar al-Assad selamat dari pemberontakan berdarah yang dimulai dengan protes damai pada Maret 2011. Dia menguasai banyak bagian negara, dibantu oleh kehadiran militer Rusia dan milisi Syiah Iran.

Turki yang bermusuhan masih menguasai sebagian besar wilayah di barat laut dan Amerika Serikat (AS) berada di timur laut, daerah penghasil minyak dan gandum utama. Tapi tantangan terbesar Assad sekarang adalah ekonomi.



Ketidakpuasan pascaperang terhadap korupsi, harga pangan yang melonjak, mata uang yang runtuh, pemadaman listrik yang memburuk dan kekurangan bensin telah memperburuk kesulitan bagi banyak keluarga yang kehilangan orang yang dicintai.

Mengutip Reuters, Sabtu (13/3/2021), berikut ini adalah timeline [garis waktu] bagaimana konflik dimulai dengan protes damai pro-demokrasi, kemudian berkembang menjadi konflik multi-sisi yang menyedot kekuatan dunia, menewaskan ratusan ribu orang dan membuat jutaan lainnya mengungsi.



Maret 2011
Protes besar pertama menentang kekuasaan Assad yang dimulai di Deraa di Suriah selatan menyebar ke seluruh negeri. Pasukan keamanan menanggapi dengan penangkapan dan penembakan.

Juni 2012
Kekuatan dunia bertemu di Jenewa dan menyepakati perlunya transisi politik, tetapi perpecahan tentang cara mencapainya akan menggagalkan upaya perdamaian yang disponsori PBB selama bertahun-tahun.

Juli 2012
Assad melancarkan serangan udara di kota-kota yang memberontak melawan pemerintahannya, karena pengunjuk rasa yang dulunya damai sekarang membawa senjata. Ribuan orang terbunuh.

Agustus 2013
Washington menyatakan penggunaan senjata kimia sebagai garis merah, tetapi serangan gas ke Ghouta Timur yang dikuasai pemberontak di pinggiran Damaskus menewaskan ratusan warga sipil tanpa memicu respons militer AS.

Januari 2014
Sebuah kelompok sempalan al-Qaeda merebut Raqqa sebelum merebut wilayah di Suriah dan Irak, mendeklarasikan kekhalifahan dan mengganti nama dirinya menjadi ISIS.

September 2014
Washington membangun koalisi anti-ISIS dan memulai serangan udara, membantu pasukan Kurdi mengubah gelombang “jihadis” tetapi menciptakan perselisihan dengan sekutunya, Turki.

Maret 2015
Ketika pasukan Assad kehilangan tempat di banyak kota dan kota yang bangkit melawan pemerintahan satu partainya Baath, pemberontakan bersenjata arus utama yang terdiri dari mantan demonstran dan pembelot tentara perlahan-lahan dirusak oleh militan Islamis yang dibantu oleh “jihadis” asing yang datang ke Suriah.

September 2015
Rusia bergabung dalam perang di pihak Assad, mengerahkan pesawat tempur dan memberikan bantuan militer yang, dengan bantuan Iran, dengan cepat mengubah arah konflik melawan pemberontak.

Agustus 2016
Khawatir dengan kemajuan Kurdi di perbatasan, Turki melancarkan serangan dengan pemberontak Suriah yang jadi sekutunya, membuat zona kendali Turki yang kemudian meluas pada 2018.

Desember 2016
Tentara Suriah dan sekutunya mengalahkan pemberontak di pangkalan kota terbesar mereka di Aleppo setelah berbulan-bulan pengepungan dan pemboman, yang mengonfirmasi momentum Assad.

Maret 2017
Israel mengakui melancarkan serangan udara terhadap Hizbullah di Suriah, yang bertujuan untuk menurunkan kekuatan Iran yang pasukan elite-nya; Quds, dan milisi Syiah dari Afghanistan dan Lebanon terus memperluas pengaruhnya di Suriah.

April 2017
Amerika Serikat meluncurkan serangan rudal jelajah pertama di pangkalan udara pemerintah Suriah dekat Homs setelah serangan gas beracun ke Khan Sheikhoun yang dikuasai pemberontak.

November 2017
Pasukan pimpinan Kurdi yang didukung AS mengalahkan ISIS di Raqqa. Serangan itu, dan saingannya oleh tentara Suriah, mengusir para “jihadis” dari hampir seluruh tanah mereka.

April 2018
Setelah berbulan-bulan blokade dan serangan udara, tentara Suriah yang didukung Rusia merebut kembali Ghouta Timur, sebelum merebut kembali daerah kantong pemberontak lainnya di Suriah tengah, dan kemudian benteng selatan pemberontak di Deraa pada bulan Juni.

September 2018
Kesepakatan Rusia-Turki atas Idlib dan barat laut yang dikuasai pemberontak membekukan garis depan dan mengurangi serangan bom yang menewaskan ratusan warga sipil di benteng oposisi besar terakhir.

Maret 2019
Ketika sekutu lokalnya merebut wilayah terakhir ISIS di timur, Amerika Serikat memutuskan untuk mempertahankan beberapa pasukannya di Suriah setelah sebelumnya mengatakan akan mundur.

April-Desember 2019
Pasukan Suriah yang didukung Rusia melancarkan kampanye di barat laut yang berakhir dengan penangkapan kota strategis pemberontak Khan Sheikhoun pada Agustus. Itu adalah tempat serangan kimia besar-besaran terhadap warga sipil.

Pertemuan puncak Rusia-Turki pada bulan Oktober mengurangi pertempuran sampai Moskow melanjutkan serangan besar pada bulan Desember yang mendorong lebih dalam ke benteng oposisi terakhir.

Desember 2019-Maret 2020
Serangan pimpinan Rusia di barat laut Suriah membuat sekitar satu juta warga sipil mengungsi, menandai krisis kemanusiaan terburuk sejak konflik dimulai. Ankara mengirim ribuan tentara melintasi perbatasan untuk membantu membendung serangan itu. Turki mengatakan tidak akan menghentikan pengungsi Suriah mencapai Eropa dan membuka perbatasannya. Ribuan orang melarikan diri ke Yunani.

Maret 2020
Turki dan Rusia menyetujui gencatan senjata untuk Idlib, bersumpah akan mengadakan patroli bersama dan membangun koridor aman di dekat jalan raya M4.

Maret-Agustus 2020
Suriah berjuang dengan penyebaran luas COVID-19 yang menambah kesulitan negara.

Mei 2020-Maret 2021
Pemerintah menghadapi kekurangan bahan bakar yang parah dan warga Suriah mengantre berjam-jam untuk mendapatkan roti bersubsidi, tanda-tanda ekonomi goyah. Pemerintah terpaksa menjatah pasokan dan menerapkan beberapa putaran kenaikan harga yang tajam.

Mei 2020
Tanda-tanda publik pertama dari perselisihan antara Assad dan taipan sepupunya Rami Makhlouf muncul, dengan kemudian mem-posting video tentang keretakan hubungan itu di media sosial.

Juni 2020
Amerika Serikat mengumumkan sanksi AS terberat terhadap Damaskus yang dikenal sebagai "Caesar Act", dengan kewenangan yang lebih luas untuk membekukan aset siapa pun yang berurusan dengan Suriah, apa pun kewarganegaraannya, dan mencakup lebih banyak sektor mulai dari konstruksi hingga energi.

Desember 2020-Maret 2021
Israel meningkatkan serangan udaranya ke berbagai bagian Suriah, terutama di timur, mencapai target untuk mencegah kubu Iran lebih lanjut.

Februari 2021
Pemerintahan Presiden AS Joe Biden melakukan serangan udara di timur Suriah di sepanjang perbatasan Irak terhadap Infrastruktur yang dikendalikan kelompok milisi pro-Iran. Suriah menyebut serangan itu sebagai agresi pengecut.

Maret 2021
Pound Suriah mencapai posisi terendah baru, diperdagangkan mendekati 4.000 terhadap dollar AS karena ekonomi melemah di tengah kekurangan mata uang asing yang parah.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)