Amnesty: Militer Myanmar 'Eksekusi' Para Demonstran

Kamis, 11 Maret 2021 - 19:29 WIB
loading...
Amnesty: Militer Myanmar Eksekusi Para Demonstran
AI menuduh tentara Myanmar menggunakan kekuatan mematikan terhadap demonstran dan banyak pembunuhan yang telah didokumentasikan sama dengan eksekusi ekstra-yudisial. Foto/REUTERS
A A A
YANGON - Amnesty International (AI) menuduh tentara Myanmar menggunakan kekuatan mematikan terhadap demonstran. AI mengatakan, banyak pembunuhan yang telah didokumentasikan sama dengan eksekusi ekstra-yudisial.

"Ini bukanlah tindakan kewalahan, petugas individu membuat keputusan yang buruk," kata Joanne Mariner, direktur tanggapan krisis AI dalam sebuah pernyataan.

"Ini adalah komandan yang tidak menyesal telah terlibat dalam kejahatan terhadap kemanusiaan, mengerahkan pasukan dan metode pembunuhan di tempat terbuka," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Kamis (11/3/2021).

Sementara itu, tujuh orang tewas ketika pasukan keamanan menembakiaksi protesanti junta diMyanmar hari ini, menurut saksi mata dan media lokal.

Enam orang tewas di pusat kota Myaing ketika pasukan menembaki protes. Hal itu diungkapkan seorang pria yang mengambil bagian dalam demonstrasi dan membantu membawa mayat ke rumah sakit. Seorang petugas kesehatan di sana pun memastikan enam korban tewas tersebut.

Sementara itu, media lokal melaporkan satu orang tewas di distrik North Dagon di Yangon, kota terbesar Myanmar. Foto-foto yang diposting di Facebook menunjukkan seorang pria berbaring telungkup di jalan, berdarah karena luka di kepala.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2131 seconds (0.1#10.140)