Hasil Meragukan, Afsel Tunda Program Vaksinasi dengan Vaskin AstraZeneca

Senin, 08 Februari 2021 - 18:28 WIB
loading...
Hasil Meragukan, Afsel Tunda Program Vaksinasi dengan Vaskin AstraZeneca
Langkah ini diambil setelah data menunjukkan vaksin itu memberikan perlindungan minimal terhadap infeksi ringan dari satu varian Covid-19. Foto/REUTERS
A A A
CAPE TOWN - Afrika Selatan tunda peluncuran vaksinasi Covid-19 AstraZeneca. Langkah ini diambil setelah data menunjukkan vaksin itu memberikan perlindungan minimal terhadap infeksi ringan dari satu varian Covid-19.

Covid-19 telah menewaskan 2,3 juta orang dan mengubah kehidupan semua orang. Tetapi, varian baru virus telah menimbulkan kekhawatiran bahwa vaksin perlu diubah dan orang mungkin harus mendapatkan suntikan penguat.

Para peneliti dari University of Witwatersrand dan University of Oxford mengatakan dalam analisis sebelumnya bahwa vaksin AstraZeneca memberikan perlindungan minimal terhadap infeksi ringan atau sedang dari apa yang disebut varian Afrika Selatan.

"Tetapi, dengan hasil yang menjanjikan dari penelitian lain di Afrika Selatan dengan menggunakan vektor virus yang serupa, vaksin dapat terus mengurangi dampak pada sistem perawatan kesehatan dengan mencegah penyakit parah," bunyi analis tersebut.

Vaksin AstraZeneca adalah harapan besar bagi Afrika karena benua itu mengharapkan suntikan - yang lebih mudah disimpan dan diangkut daripada vaksin Pfizer - jadi menghentikan peluncurannya di Afrika Selatan merupakan pukulan besar.

Jika vaksin tidak bekerja seefektif yang diharapkan terhadap varian baru dan yang muncul, maka dunia dapat menghadapi pertempuran yang jauh lebih lama dan lebih mahal melawan virus daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Menurut British Medical Journal, sementara ribuan perubahan individu telah muncul saat virus bermutasi saat replikasi dan berevolusi menjadi varian baru, hanya sebagian kecil yang cenderung menjadi penting atau mengubah virus dengan cara yang berarti.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)