Keberadaannya Misterius, NLD Minta Aung San Suu Kyi Dibebaskan

Selasa, 02 Februari 2021 - 13:57 WIB
loading...
A A A


Protes massal yang dipimpin para biksu Buddha pada 2007 memaksa para jenderal berkompromi dan NLD akhirnya berkuasa pada 2015 di bawah konstitusi baru yang menjamin peran utama militer dalam pemerintahan, termasuk kementerian utama.

Jenderal Min Aung Hlaing telah menjanjikan pemilu yang bebas dan adil serta penyerahan kekuasaan kepada partai pemenang, tanpa memberikan kerangka waktu.

Mengkonsolidasikan kekuasaannya, junta baru mencopot 24 menteri dan menunjuk 11 pengganti untuk mengawasi kementerian termasuk keuangan, pertahanan, urusan luar negeri dan dalam negeri.

Biksu Buddha Shwe Nya War Sayadawa, yang dikenal karena dukungannya yang blak-blakan kepada NLD, juga termasuk di antara mereka yang ditangkap pada Senin, kata kuilnya. Biksu adalah kekuatan politik yang kuat di Myanmar yang mayoritas beragama Buddha.

Salah satu keprihatinan utama para diplomat PBB adalah nasib Muslim Rohingya dan kelompok etnis minoritas lainnya yang telah mengalami perlakuan kejam selama bertahun-tahun di tangan militer.



Tindakan keras militer tahun 2017 di negara bagian Rakhine Myanmar mengirim lebih dari 700.000 Muslim Rohingya melarikan diri ke Bangladesh.

Sekitar 600.000 Rohingya tetap berada di Negara Bagian Rakhine Myanmar, termasuk 120.000 orang yang secara efektif dikurung di kamp-kamp, juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan kepada wartawan.

“Jadi ketakutan kami adalah bahwa peristiwa tersebut dapat memperburuk situasi bagi mereka,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)